Imbauan dari Menhub Buat Pemudik Biar Gak Kena Macet Panjang

Nusantaratv.com - 12 April 2024

Mentri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Foto: ANTARA)
Mentri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Foto: ANTARA)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya menyarankan agar para pemudik berusaha untuk pulang lebih awal sebelum puncak arus balik Lebaran yang diperkirakan akan terjadi pada Minggu dan Senin.

"Kalau lusa atau Senin tidak janji, karena ini kemungkinan akan padat terutama di jalur darat. Maka saya anjurkan mudik balik itu harus besok (Sabtu 13/4), jangan Minggu atau Senin," ujar Budi Karya.

Menurutnya, prediksi puncak arus balik Lebaran 2024 diperkirakan akan terjadi pada H+3 atau Minggu (14/04) dan H+4 atau Senin (15/04). Namun, Budi Karya meminta para pemudik untuk kembali lebih awal sebelum puncak arus balik tersebut terjadi, untuk menghindari kemungkinan kepadatan lalu lintas yang bisa terjadi di jalan.

Budi Karya menjelaskan bahwa Kementerian Perhubungan telah melakukan pemetaan di beberapa titik rawan penumpukan saat arus balik Lebaran, termasuk di jalur Cipali dari Solo, Semarang hingga Cirebon. Upaya maksimal telah dilakukan untuk menjamin kelancaran dan melayani masyarakat selama angkutan arus mudik maupun balik Lebaran di semua moda transportasi.

Selain itu, Budi Karya juga menyampaikan pesan kepada para pemudik yang menggunakan travel untuk mencari agen resmi, bukan yang tidak resmi. Hal ini berkenaan dengan insiden kecelakaan maut di tol KM 58 Cikampek yang menewaskan 12 orang.

"Jadi para pemudik jangan memaksakan untuk melakukan kegiatan atau pulang pakai travel gelap, kalau kemudian diketahui jangan salahkan untuk dilakukan pemutaran balik," tandas Budi Karya.

Budi Karya juga mengumumkan rencananya untuk memantau langsung situasi di Solo, Semarang, dan Cirebon untuk memastikan kelancaran arus mudik dan balik Lebaran.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close