Ikut Ritual Kendi Nusantara di IKN Bersama Jokowi, Paman Birin Bawa Tanah dan Air dari Martapura

Nusantaratv.com - 14 Maret 2022

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin/ist
Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau Paman Birin/ist

Penulis: Andi Faisal | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Tanah dan air dari bumi Kalimantan Selatan (Kalsel) turut berkontribusi menjadi salah satu tanah dan air untuk  ritual Kendi Nusantara bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan 34 gubernur se-Indonesia di titik nol Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada Senin (14/3/ 2022).

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor yang akrab disapa Paman Birin tampak menyerahkan air dan tanah yang dibawanya dari Kalsel ke Jokowi .

Tanah dan air dari bumi Kalsel yang dibawa Paman Birin ditempatkan di wadah yang diselimuti dan dihias dengan kain sasirangan khas Banjar.

Paman Birin menyebut tanah dan air dari Kalsel yang akan di bawa ke lokasi penanaman pohon di  IKN diambil dari air sumur bernilai historis religius di Kota Martapura, Kabupaten Banjar. 

Air tersebut  hingga kini menjadi salah satu sumber air bersih bagi masyarakat. Sedangkan untuk tanah diambil dari tanah di Desa Dalam Pagar.

Sejarahnya, sumur ini digali atas arahan Tuan Guru KH Zainal Ilmi.

Sejak digali hingga sekarang, sumur itu tidak pernah kering meski di daerah tersebut dahulu pernah dilanda bencana kemarau panjang. 

Sementara tanah yang diambil merupakan tanah di Desa Dalam Pagar, yaitu di tempat kediaman Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari atau Datu Kelampayan. 

Tanah tersebut dijadikan Datu Kelampayan sebagai tempat tinggal juga menjadi tempat beliau mengajarkan ilmu agama hingga lahirnya para alim ulama di Kalsel hingga sekarang. 

Sebelum dibawa ke lokasi IKN, air dan tanah ini terlebih dahulu dibacakan doa oleh KH Muhammad Wildan Salman (Guru Wildan), untuk memohonkan ridho Allah SWT, agar senantiasa semua rencana pemerintah dimudahkan dan dilancarkan. 

"Semoga air dan tanah yang kita bawa ini, dapat memberikan keberkahan, kebaikan, serta keselamatan, baik bagi banua kita maupun buat daerah IKN nantinya," ujar Paman Birin. 

Lebih lanjut Paman Birin menjelaskan filosofi penyatuan air dari seluruh  provinsi  memiliki makna Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah sebuah negara besar milik rakyat dan harus dirawat,  dijaga bersama seluruh  rakyat Indonesia.

Kalsel sendiri, sebut Paman Birin mendukung kebijakan pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur.

Menurutnya, jika pemindahan ibukota negara terealisasi, maka akan memberikan multi efek luar biasa bagi kemajuan pembangunan, termasuk  di daerah atau provinsi sekitar IKN.

"Salah satu efek positif itu adalah Kalsel bisa mempersiapkan sebagai daerah pintu gerbang strategis bagi IKN. Dan Kalsel turut mendoakan kelancaran pembangunan IKN di Kaltim," kata Paman Birin.

Setelah penyerahan tanah dan air dari para  gubernur,  prosesi acara dilanjutkan dengan penanaman pohon dipimpin langsung Presiden Jokowi.

Paman Birin juga ikut menanam pohon bersama Presiden Jokowi, para menteri beserta gubernur. (dari berbagai sumber)


 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close