Ikam Jabung Sai-Tokoh Adat Jabung Cegah Aksi Begal dan Curanmor

Nusantaratv.com - 16 September 2023

Jabung, Lampung Timur. (YouTube)
Jabung, Lampung Timur. (YouTube)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Pemuda dan masyarakat Jabung, Lampung Timur yang tergabung dalam wadah Ikam Jabung Sai menegaskan komitmennya untuk melawan tindak kejahatan. Terutama aksi kejahatan modus begal maupun pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

"Kami berkomitmen untuk memerangi dan mencegah masyarakat Jabung melakukan aksi kejahatan begal dan curanmor," ujar Ketua Ikam Jabung Sai, Zaenal, Sabtu (16/9/2023).

Menurut Zaenal, faktor utama penyebab terjadinya tindak kriminalitas adalah penyalahgunaan narkoba. Ini, kata dia termasuk yang terjadi pada pelaku kejahatan di Jabung.

Baca juga: Usai Antar Suami ke Stasiun, Emak-emak Jadi Korban Begal

"Sebanyak 70 persen pelaku begal dan curanmor dari Jabung terindikasi pemakai narkoba," ucapnya.

Ikam Jabung Sai bersama tokoh adat, Forkompimda Lampung Timur sendiri telah mengukuhkan kampung bebas narkoba di Jabung. Hal itu merupakan tindakan pencegahan sejak dini.

"Upaya tersebut sebagai wujud untuk memerangi dan mencegah masyarakat Jabung melakukan aksi begal dah curanmor karena terpengaruh narkoba," tutur Zaenal.

Ia memandang, pencegahan terjadinya aksi begal dan curanmor oleh pelaku tersebut, juga sekaligus langkah nyata merubah pandangan negatif terhadap wilayah Jabung.

"Untuk merubah stigma Jabung sebagai kampung rampok oleh masyarakat di luar Lampung," tandas Zaenal.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close