HUT TNI, Lalin Sekitar Istana Ditutup Hari Ini

Nusantaratv.com - 05 Oktober 2022

Istana Kepresidenan. (Net)
Istana Kepresidenan. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Polisi melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, jelang upacara peringatan HUT ke-77 TNI. Lalu lintas menuju dan dari Istana Merdeka akan ditutup mulai pukul 04.00 WIB, Rabu (5/10/2022).

"Dalam rangka HUT ke-77 TNI, arus lalu lintas di sekitar Istana Negara akan dialihkan," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman kepada wartawan, Selasa (4/10/2022).

Latif menjelaskan pengalihan arus lalu lintas akan dilakukan para Rabu (5/10/2022) pukul 04.00-11.00 WIB. Arus lalu lintas menuju ke Istana Merdeka akan ditutup sementara dan dialihkan.

Berikut rute pengalihan arus sekitar Istana Merdeka:

Arus lalu lintas dari arah Jl Hayam Wuruk menuju Jl Majapahit/Jl Merdeka Utara dialihkan ke Jl Juanda atau ke Jl Suryopranoto

Arus lalu lintas dari Jl Veteran Raya menuju Jl Veteran III diluruskan ke Jl Harmoni

Arus lalu lintas dari Jl Veteran Raya menuju Jl Veteran II diluruskan ke Jl Harmoni

Arus lalu lintas dari Jl Medan Merdeka timur menuju Jl Medan Merdeka Utara dialihkan ke Jl Perwira

Arus lalu lintas dari Jl Kebon Sirih menuju Jembatan Serong dialihkan ke kiri ke Jl MH Thamrin arah Bundaran HI

Arus lalu lintas dari Jl KH Wahid Hasyim menuju Blok O dialihkan ke kiri ke Jl MH Thamrin arah Bundaran HI

Arus lalu lintas dari Jl Wahid Hasyim menuju Tugu Tani dialihkan ke kiri Jl MH Thamrin arah Bundaran Patung Kuda

Arus lalu lintas dari Jl Kebon Sirih menuju Tugu tani dialihkan ke kiri Jl MH Thamrin arah Bundaran Patung Kuda

Arus lalu lintas dari Jl Budi Kemuliaan menuju Jl Medan Merdeka Selatan dialihkan ke Jl Medan Merdeka Barat

Arus lalu lintas di Jl Abdul Muis menuju ke Jl Majapahit dialihkan ke Jl Tanah Abang
Arus lalu lintas dari Jl Abdul Muis menuju ke Jl Museum ditutup.

Upacara peringatan HUT ke-77 TNI bakal digelar di Istana Kepresidenan, Rabu (5/10) besok. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan menjadi inspektur upacara (Irup).

"Perlu kami jelaskan kepada seluruh masyarakat bahwa pada 5 Oktober acara HUT TNI ke-77 diadakan di Istana dilanjutkan dengan defile sampai dengan Bundaran HI," kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (30/9/2022).

Sementara, Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen Eko Margiyono mengatakan bakal ada beberapa atraksi yang ditampilkan di upacara HUT TNI. Salah satunya manuver pesawat tempur F16.

"Irupnya direncanakan Bapak Presiden RI. kemudian kami akan menyampaikan rangkaian setelah upacara. Bapak Presiden akan menyampaikan demo beberapa atraksi pesawat TNI angkatan udara. Nanti ada fly pass pesawat F16. Kemudian ada helikopter yang membawa giant flag. Kemudian ada acrobatic dari Jupiter," ujar Eko.

Setelah itu, Jokowi akan melakukan video conference dengan sejumlah prajurit. Para prajurit itu berada di sejumlah titik perbatasan Indonesia.

"Yang pertama di perbatasan RI Kalimantan di PLBN Entikong. Kemudian di PAM terluar di Sangihe-Talaud. Kemudian ketiga di perbatasan RI-PNG di sektor selatan. Khususnya di Merauke. yakni di PLBN Sota. Dan yang terakhir di perbatasan antara RI dengan Timor Leste yang ada di PLBN Mota Ain," imbuh Jokowi.

Selanjutnya, Jokowi juga diagendakan untuk menuju ke depan Istana. Jokowi bakal melihat kendaraan tempur yang dimiliki TNI.

"Kemudian presiden keluar menuju ke depan istana ke jalan. Di sana presiden akan melihat beberapa kendaraan tempur yang terbaru yang kita miliki. Yang akan kita tampilkan secara statis," ujar Eko.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])