HUT ke-79 RI, Prakiraan Cuaca di IKN: Berawan hingga Hujan Ringan

Nusantaratv.com - 17 Agustus 2024

Ilustrasi hujan ringan/ist
Ilustrasi hujan ringan/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) membuat prakiraan cuaca khusus untuk Ibu Kota Nusantara (IKN) yang menjadi tempat upacara HUT ke-79 Republik Indonesia pada hari ini, Sabtu 17 Agustus 2024. 

Demikian disampaikan Deputi Bidang Meteorologi BMKG Kaltim, Guswanto. 

Guswanto mengatakan dalam satu bulan curah hujan rata rata di angka 100-200 mili meter.

“Prakiraan cuaca yang saat ini perlu diwaspadai adalah fenomena gelombang Rosbby dan Kelvin,” ucap Guswanto, Jumat (16/8/2024) dikutip dari RRI. 

Dua gelombang tersebut dapat mempengaruhi terjadinya peningkatan awan hujan, khususnya di selat Makassar.

Pembentukan awan dapat  terjadi pada waktu malam hari saat suhu dari Selat Makassar masih hangat. Dan, pada saat dini hari terjadi pertumbuhan awan karena angin dari timur laut yang mendorong masuk ke wilayah IKN.

BMKG sudah membuat prakiraan khusus untuk IKN. Prakiraan disampaikan setiap jam sebagai bagian dari perbaruan," kata Guswanto.

Adapun perkembangan prakiraan cuaca pada Sabtu ini, pada dini hari cerah berawan. Sementara pukul 09.00-10.00 berawan, sehingga diprediksi pelaksanaan Upacara HUT RI di IKN dapat terlaksana dengan baik.

“Baru pukul 13.00 Wita diprakirakan  terjadi peningkatan awan hujan ringan," ujar Guswanto.

 

 


 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close