Hujan Deras Disertai Angin Kencang Berpotensi Landa Wilayah NTT, Warga Diminta Waspada

Nusantaratv.com - 01 Juli 2022

Ilustrasi hujan deras disertai angin kencang. Foto (Istimewa)
Ilustrasi hujan deras disertai angin kencang. Foto (Istimewa)

Penulis: Gabrin | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk waspada terhadap potensi hujan deras disertai angin kencang selama tiga hari ke depan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Stasiun BMKG El Tari Kupang, Agung Sudiono Abadi dalam keterangan resminya, Jumat (1/7/2022).

"Hujan deras berpotensi melanda sejumlah daerah di NTT yaitu Kabupaten Manggarai, Manggarai Timur, Ngada, Nagekeo, Ende, Sikka, dan Sabu Raijua," ujar Agung.

Dikatakan Agung, selain potensi hujan deras, angin kencang juga berpotensi melanda wilayah Pulau Timor, Pulau Rote, Pulau Sabu, dan Pulau Sumba bagian barat.

Agung mengatakan, wilayah NTT berada pada musim kemarau yang disertai dengan fenomena La Nina (kemarau basah).

Suhu muka laut di wilayah NTT masih hangat, didukung kelembapan udara dari lapisan atas hingga bawah yang cukup basah, serta aktifnya Madden Julian Oscillation (MJO) di Kuadran 4 sehingga berkontribusi terhadap proses pembentukan awan hujan di wilayah NTT.

Menurut Agung, kondisi ini dapat memicu terjadinya hujan sedang hingga deras disertai angin kencang yang dapat mengakibatkan memicu bencana hidrometeorologi seperti, banjir, banjir bandang, tanah longsor maupun sambaran petir.

"Oleh karena itu masyarakat di daerah berpotensi terdampak cuaca agar lebih waspada terutama yang tinggal di daerah perbukitan atau curam agar bisa mengevakuasi diri jika terjadi hujan dengan durasi berjam-jam," pinta Agung.

Agung mengajak masyarakat terus memantau perkembangan cuaca untuk memahami kondisi di daerah dengan mengakses layanan informasi yang tersedia selama 24 jam melalui kanal komunikasi yang disiapkan yaitu nomor kontak (0380) 881613 atau WhatsApp 081139404264.

Selain itu bisa melalui website meteoeltari.com, email met_kupang@yahoo.com, maupun aplikasi mobile INFO BMKG.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])