Hore! Badak Sumatera Lahirkan Anak Betina di Taman Nasional Way Kambas, Kabar Gembira di Tengah Populasi yang Terancam

Nusantaratv.com - 29 Maret 2022

Badak Sumatera. (Biro Humas KLHK/Instagram @badak.indonesia)
Badak Sumatera. (Biro Humas KLHK/Instagram @badak.indonesia)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Seekor Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) melahirkan anak betina di Suaka Rhino Sumatera (SRS) Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Lampung.

Kabar gembira itu diunggah di akun Intagram resmi Yayasan Badak Indonesia @badak.indonesia, pada Senin (28/3/2022). Bayi badak dari induk bernama Rosa ini lahir pada Kamis, 24 Maret 2022 sekitar pukul 11.44 WIB.

Ketua Tim Dokter Hewan SRS TNWK, drh. Zulfi Arsan, mengungkapkan badak Rosa menunjukkan tanda-tanda akan melahirkan dimulai sekitar pukul 09.00 WIB. "Proses kelahirannya sendiri berlangsung selama hampir tiga jam sampai dengan bayi badak lahir," ungkapnya, seperti dikutip Nusantaratv.com dari akun Instagram @badak.indonesia, Selasa (29/3/2022).

Lahirnya anak badak berjenis kelamin betina dari pasangan Badak Rosa dan Badak Andatu ini menjadi kelahiran ketiga di SRS TNWK. Kelahiran anak Badak Rosa menambah jumlah badak yang berada di dalam SRS TNWK menjadi delapan ekor.

Badak lain yang saat ini menempati SRS TNWK adalah Bina (betina), Ratu (betina), Andalas (jantan), Harapan (jantan), Andatu (jantan), dan Delilah (betina).

Sementara itu, Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Wiratno mengatakan kelahiran Badak Sumatera ini merupakan sebuah kabar gembira di tengah upaya Pemerintah Indonesia dan mitra kerja meningkatkan populasi badak sumatera.

Tak lupa, dia juga menyampaikan terima kasih yang mendalam atas kerja tim dokter hewan dan para perawat yang terus-menerus mengawasi perkembangan kebuntingan Badak Rosa hingga perawatan pasca persalinannya.

"Dengan kelahiran anak badak Rosa di SRS TNWK ini, kita menaruh harapan untuk dapat terus mendapat kabar bahagia dari kelahiran-kelahiran badak sumatera lainnya di masa depan," tukas Wiratno.

Yuk, kita berdoa semoga Badak Rosa dan anak badaknya selalu diberi kesehatan, ya!

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close