Heru Budi Akui Jakarta Kewalahan Kalau Hujan dengan Intensitas Segini

Nusantaratv.com - 25 Maret 2024

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (Antara)
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (Antara)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengungkapkan banjir yang melanda sejumlah wilayah Ibu Kota beberapa hari kemarin disebabkan oleh curah hujan tinggi. Kendati durasi hujan hanya sebentar, Heru mengatakan Jakarta bakal kewalahan jika curah hujan di atas 180 mm/hari.

"Jadi begini, di Jabodetabek termasuk Jakarta kemarin kan intensitas hujannya 200 mm/hari, 180 mm/hari saja kita DKI ini kalau hujannya 4 jam sudah kewalahan," ujar Heru Budi Hartono saat ditemui di GOR Cengkareng, Jakarta Barat, Senin (25/3/2024).

Heru pun meminta maaf apabila terdapat wilayah yang banjir lebih dari 24 jam. "Jadi mohon dimaklumi dan saya mohon maaf di Jakarta Barat kemarin juga tergenang lebih dari 24 jam," kata dia.

Tidak hanya curah hujan tinggi, Heru menyebut Jakarta juga mendapat kiriman banjir dari wilayah Bodetabek hingga menghadapi banjir rob. Meski demikian, Heru berharap agar kondisi banjir bisa diatasi dengan baik.

"Karena rob dan air hujan yang tadi 200 mm/hari lantas juga ada kiriman termasuk yang di Hek. Yang di Hek juga ada kiriman dari bogor. Mudah-mudahan kita bisa atasi," jelas dia.

Heru pun berbicara mengenai efektivitas Sodetan Ciliwung. Ia memastikan fasilitas tersebut efektif mengatasi banjir di Jakarta.

"Ya itu masih efektif. Dibuka terus," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close