Heboh Patung Bunda Maria Ditutupi Terpal, Ini Komentar Kemenag

Nusantaratv.com - 25 Maret 2023

Patung Bunda Maria tersebut terletak di sebuah tempat dengan nama "Rumah Doa" Sasana Adhi Rasa Santo Yakobus di Paduhkuhan Degolan, Bumirejo, Lendah, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). (Istimewa/Kemenag)
Patung Bunda Maria tersebut terletak di sebuah tempat dengan nama "Rumah Doa" Sasana Adhi Rasa Santo Yakobus di Paduhkuhan Degolan, Bumirejo, Lendah, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). (Istimewa/Kemenag)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Viral di media sosial, sebuah video yang memperlihatkan patung Bunda Maria, yang ditutup terpal.

Patung Bunda Maria tersebut terletak di sebuah tempat dengan nama "Rumah Doa" Sasana Adhi Rasa Santo Yakobus di Paduhkuhan Degolan, Bumirejo, Lendah, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Dalam video yang beredar, disebut jika penutupan dilakukan sebagai buntut protes salah satu Ormas Islam.

Plt. Dirjen Bimas Katolik Kementerian Agama (Kemenag) A.M. Adiyarto Sumardjono menegaskan, penutupan patung bukan karena ada paksaan dari ormas, tapi merupakan kehendak pemiliknya.

"Patung Bunda Maria itu ditutup oleh pemiliknya sendiri atas pertimbangan pribadi dan juga lewat dialog yang beberapa kali dibuat bersama FKUB, Kepolisian, Kemenag, Lurah, RT/RW, dan pihak-pihak terkait," ujar Adiyarto di Jakarta, seperti dilansir dari laman resmi Kemenag, Sabtu (25/3/2023).

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, patung Bunda Maria atau Sasana Adhi Rasa belum diberkati dan dapat izin dari Kevikepan Yogyakarta Barat, Keuskupan Agung Semarang.

"Artinya tempat doa ini dan patung Bunda Maria sebagai tempat religi Katolik mungkin belum memenuhi syarat pendirian sebuah taman doa atau tempat ziarah atau religi Katolik," tambah Adiyarto.

"Intinya sang pemilik tempat religi Katolik tersebut memutuskan untuk menutup sementara tempat itu dan ke depannya ingin mempercantik lagi tempat itu dengan berbagai renovasi. Misalnya, penambahan pagar, penanaman pohon di sekitar tempat itu agar rindang, mempersiapkan parkiran yang layak, dan beberapa penambahan fasilitas lainnya," imbuhnya.

Hal senada disampaikan Penyelenggara Agama Katolik Kantor Kemenag Kabupaten Kulon Progo Yohanes Setiyanto. Menurutnya, penutupan patung Bunda Maria dengan kain terpal biru seperti dalam video viral tersebut dibuat oleh keluarga dan pihak kelompok doa tanpa paksaan dari ormas atau pihak manapun.

"Ini perlu dipahami sehingga tidak menimbulkan persoalan atau opini macam-macam sehingga bisa tercipta suasana persaudaraan," tukasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])