Hari Pers Nasional 2024: Nadiem Makarim Sebut Jurnalis Memiliki Peran sebagai Pendidik Masyarakat

Nusantaratv.com - 08 Februari 2024

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim (ketiga kiri) dan Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin bersama Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch. Bangun serta jajaran pengurus pada Pembukaan Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) Kelas Muda Angkatan 1, di Gedung Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat, Jalan Wartawan, Kota Bandung, Selasa (6/2/2024)/ist
Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim (ketiga kiri) dan Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin bersama Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch. Bangun serta jajaran pengurus pada Pembukaan Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) Kelas Muda Angkatan 1, di Gedung Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat, Jalan Wartawan, Kota Bandung, Selasa (6/2/2024)/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional 2024 pada 9 Februari 2024, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menyelenggarakan Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) versi baru yang dibuka secara resmi oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim di Gedung PWI Jawa Barat, Jalan Wartawan, Kota Bandung, Selasa (6/2/2024). 

Acara pembukaan Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) Kelas Muda Angkatan 1 turut dihadiri oleh Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch. Bangun, Sekretaris Janderal PWI Sayid Iskandar dan PJ Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin bersama sejumlah perwakilan perguruan tinggi ternama di Bandung. 

Nadiem Makarim dalam sambutannva mengatakan bahwa jurnalis memiliki peran sebagai pendidik masyarakat. Karenanya, ia mengajak dan mendukung PWI untuk ikut menyukseskan program praktisi mengajar. 

"Saya yakin sekali rekan-rekan peserta SJI ini para wartawan muda yang penuh integritas dan tanggung jawab. Ini siap menjadi pendidik masyarakat, itu mungkin peran yang harus berubah," kata Nadiem. 

"Harus merasa misinya jurnalis adalah untuk mendidik masyarakat, jurnalis itu sama pentingnya dengan guru. Malah dampaknya bisa lebih besar lagi karena satu artikel bisa dibaca jutaan mahasiswa, masyarakat Indonesia," imbuhnya.

Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch Bangun mengatakan SJI diselenggarakan pertama kali pada 2010 di Palembang. Program yang menjadi ikon PWI Pusat ini sempat terhenti dalam enam tahun terakhir. 

"Tetapi karena pentingnya pendidikan tambahan untuk wartawan di era serba internet,  PWI Pusat tergerak untuk mengaktifkan kembali SJI dengan materi pelajaran yang disesuaikan perkembangan teknologi terkini," kata Hendry Ch Bangun.   

Sekolah Jurnalisme Indonesia kali ini diikuti sekitar 40 jurnalis profesional dari berbagai wilayah di Jabar, dengan mengusung tema Jurnalis Berintegritas, Berpikir Kritis, dan Multitasking.

Baca juga: Hadiri Puncak Peringatan Hari Pers Nasional 2023, Ketua MPR RI Bamsoet Dorong Profesionalisme Insan Pers

SJI didesain sebagai sekolah keliling (mobile school), untuk mendekatkan sekolah dengan para wartawan yang membutuhkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan baru di bidang jurnalisme. 

“SJI memperkuat kemampuan kerja wartawan era 4.0. Untuk itu SJI menyiapkan paket silabus baru dengan materi kekinian,” kata Ketua Bidang Pendidikan PWI Pusat Mohammad Nasir, menjelang rapat persiapan pembukaan SJI di Gedung PWI Jabar, Senin (5/2) sore. 

“Proses belajar-mengajar di SJI akan menekankan prinsip learning by doing,” imbuhnya.

Lebih lanjut Nasir menjelaskan para pengajar yang memberikan materi dalam SJI adalah para wartawan senior yang berpengalaman dan memiliki kemampuan mengajar yang mumpuni. Tak hanya itu, para pengajar SJI juga diperkuat oleh akademisi dari berbagai perguruan tinggi. 

Sementara itu Direktur SJI, Ahmed Kurnia, menambahkan bahwa dalam penyelenggaraan pendidikan nantinya peserta didik dibekali dengan materi critical thinking, integritas, liputan multi tasking yang berkait dengan penggunaan teknologi terkini, dan wawasan kebangsaan yang menjadi ciri khas wartawan anggota PWI.

Untuk diketahui, peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2024 akan diselenggarakan di Jakarta dengan tema “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa”.

Momentum HPN 2024 sangat berdekatan dengan pesta demokrasi Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) yang akan berlangsung pada 14 Februari. 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close