Hari Ini Yudo Margono Jalani Uji Kepatutan Calon Panglima TNI di DPR

Nusantaratv.com - 02 Desember 2022

Laksamana Yudo Margono. (Net)
Laksamana Yudo Margono. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Komisi I DPR RI menggelar fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan terhadap calon Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. Fit and proper test rencananya dilaksanakan siang ini di gedung DPR/MPR.

Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid menjelaskan, fit and proper test terhadap calon panglima TNI Laksamana Yudo akan digelar seharian penuh. Tahapan dimulai dengan verifikasi persyaratan calon panglima TNI di pagi hari.

"Betul. Komisi I DPR akan menggelar fit and proper test calon panglima esok (hari ini). Satu hari penuh ya, dimulai dengan verifikasi persyaratan di pagi hari," ujar Meutya kepada wartawan, Kamis (1/12/2022).

Siang harinya, Laksamana Yudo Margono akan menyampaikan visi dan misi di depan para anggota Komisi I DPR RI. Visi dan misi itu nantinya akan didalami oleh para anggota Komisi I DPR.

"Lalu mendengarkan visi-misi dan pendalaman dalam rapat pukul 13.30 WIB," kata dia.

"Penyampaian visi-misi oleh calon panglima disepakati dalam rapat internal komisi, yakni selama 30 menit," sambungnya.

Ia mengatakan format rapat fit and proper test calon panglima TNI digelar secara terbuka. Namun akan digelar tertutup jika ada pembicaraan yang bersifat strategis dan konfidensial.

"Direncanakan dilakukan terbuka, kecuali jika nanti dalam paparan ada yang dianggap bersifat strategi dan rahasia maka bagian tersebut dilakukan tertutup," kata Meutya.

Sementara, Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama Julius Widjojono membeberkan persiapan Laksamana Yudo.

"Bahan presentasi siap. (Juga) doa dan dukungan semua rakyat tentunya," kata Julius .

Julius belum bisa memastikan apakah Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa akan turut mendampingi Laksamana Yudo atau tidak saat uji kepatutan nanti. Menurutnya, saat ini belum ada kepastian siapa yang akan mendampingi Laksamana Yudo nanti.

"Pendamping atau didampingi siapa belum fix. Sesuai norma dan sesuai kehendak tuhan," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])