Hari Ini Sekretaris Nonaktif MA Hasbi Hasan Dituntut Jaksa

Nusantaratv.com - 14 Maret 2024

Sekretaris nonaktif Mahkamah Agung (MA) Hasbi Hasan. (Antara)
Sekretaris nonaktif Mahkamah Agung (MA) Hasbi Hasan. (Antara)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Sekretaris nonaktif Mahkamah Agung (MA) Hasbi Hasan, bakal menjalani sidang tuntutan terkait kasus suap pengurusan perkara di MA. Sidang dijadwalkan berlangsung hari ini.

Mengutip SIPP PN Jakarta Pusat, sidang tuntutan digelar Kamis (14/3/2024) mulai pada 10.00 WIB di Ruang Soebekti 1.

Sebelumnya, Hasbi Hasan juga didakwa menerima gratifikasi sebesar Rp 630 juta. Gratifikasi yang diterima Hasbi Hasan disebut berupa uang hingga fasilitas wisata.

Jaksa penuntut umum (JPU) mengungkapkan gratifikasi diterima Hasbi pada Januari 2021-Februari 2022. Jaksa menjelaskan gratifikasi tersebut diperoleh dari pihak yang punya kepentingan terhadap Hasbi.

Salah satu gratifikasi yang diterima Hasbi ialah perjalanan wisata keliling Bali naik helikopter senilai Rp 7,5 juta. Gratifikasi perjalanan wisata itu diterima Hasbi bersama Windy Yunita Bastari Usman atau Windy Idol pada 13 Januari 2022.

Fasilitas perjalanan wisata keliling atau flight heli tour Bali melalui udara, dengan menggunakan Helikopter Belt 505 dengan Register PK WSU dari Devi Herlina selaku notaris rekanan salah satu perusahaan dengan kode pemesanan free of charge (FoC). Selain dengan Windy, Hasbi juga menerima fasilitas wisata tersebut bersama dengan Rinaldo Septariando dan Betty Fitriana.

Windy sendiri telah diperiksa sebagai saksi. Dalam kesaksiannya, Windy mengaku bertemu Hasbi di Bali, bukan berangkat bersama dari Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close