Hari Ini Jokowi Resmikan Kereta Cepat Whoosh

Nusantaratv.com - 02 Oktober 2023

Kereta cepat Jakarta Bandung Whoosh. (Kompas.com)
Kereta cepat Jakarta Bandung Whoosh. (Kompas.com)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Whoosh bakal beroperasi usai diresmikan pada hari ini. Presiden Joko Widodo (Jokowi) langsung meresmikan dimulainya operasi Whoosh, serta memilih logonya.

"Jadi nanti datanglah tanggal 2 Oktober (hari ini), ada beberapa keputusan penting di situ, terutama logo akan diumumkan oleh Pak Presiden. Kita sudah tahu Whoosh, Whoosh, tetapi Pak Presiden nanti yang kasih tahu (logonya) atau panel mengusulkan mana, Pak Presiden dan itu hasil interaksi di banyak social media," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam acara pembukaan Hub Space di JCC Senayan, Jakarta, Jumat (29/9/2023).

Mengenai tarif, mantan Dirut Angkasa Pura II itu menyatakan tarif kereta cepat berkisar di angka Rp 250-300 ribu. Adapun soal potongan harga, kata dia, menjadi kewenangan pihak pengelola.

Pihaknya pun bakal membuat konsep kereta cepat dengan tujuan Surabaya. Tapi, kata dia, masih sebatas mengonsep dahulu.

"Kita akan membuat konsep bahwa nanti eksekusi ya seperti apa, tapi visi-misi dari Surabaya harus dibuat. Insyaallah sekarang kan kita buat sudah, baru teknologinya, orangnya baru, orang kita nggak bisa, bikin regulasi nggak gampang, tapi ini semua sudah terbuat dengan baik. Sehingga kita tinggal mereplikasikan," tuturnya.

Diketahui, proses uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung telah berlangsung sejak 16 September hingga 30 September 2023. Warga bisa menjajal kereta cepat ini secara gratis dengan mendaftar terlebih dahulu.

Jokowi pun telah dua kali menjajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Yang pertama, Jokowi menjajal rute Stasiun Halim-Stasiun Padalarang. Kedua, Jokowi menjajal rute Stasiun Halim-Stasiun Tegalluar.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close