Harga Tiket Masuk Kawah Putih Ciwidey, Salah Satu Tempat Wisata Kece di Bandung

Nusantaratv.com - 11 April 2024

Kawah Putih (nusantaratv/ Adiansyah)
Kawah Putih (nusantaratv/ Adiansyah)

Penulis: Adiansyah

Nusantaratv.com - Ciwidey yang berlokasi di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, menjadi destinasi wisata favorit masyarakat sekitar dan luar kota.

Ciwidey sendiri merupakan salah satu kawasan dataran tinggi, sehingga udaranya sejuk dan sangat cocok untuk dijadikan lokasi objek wisata.

Ketika libur lebaran seperti sekarang, bisa menjadi momen untuk mengajak keluarga berwisata ke Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Sementara, di hari libur H+1 lebaran, Kamis, 11 April 2024, kawasan Kawah Putih tampak ramai dikunjungi para wisatawan.

Banyak pelancong yang tak hanya datang dari masyarakat Bandung, namun dari sejumlah daerah pun tampak hadir untuk menikmati kindahan wisata Kawah Putih.

Lantas, berapa harga tiket masuk wisata Kawah Putih, Ciwidey, Bandung ini? Mari simak ulasannya di bawah.

Harga Tiket Kawah Putih Ciwidey, Bandung

Kawah Putih Ciwidey (Nusantaratv/ Adiansyah)

Kawah Putih berada di Jalan Raya Ciwidey Patengan KM.11, Lebakmuncang, Ciwidey, Rancabali, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. 

Menurut beberapa informasi, jam operasional Kawah Putih sendiri buka setiap hari, mulai pukul 17.30 hingga 16.30 WIB.

Sementaran Kawah Putih, adalah kawasan yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha, memiliki tingkat keasaman mencapai PH 0,5 - 1,3 menyebabkan danau berubah warna dari kebiruan, keputihan, berwarna hijau, dan coklat. 

Untuk tiket masuk ke Kawah Putih pengunjung akan merogoh kocek Rp27 ribu per orang, turis lokal dan turis mancanegara Rp88 ribu.

Harga tersebut tentu sewaktu-waktu bisa berubah. Misalnya seperti di libur lebaran hari ini Kamis, 11 April 2024, satu orang membayar tiket sebesar Rp60 ribu. 

Sekilas Tentang Kawah Putih

Kawah Putih Ciwidey (Nusantaratv/ Adiansyah)

Menurut situs Perhutani, kawah putih ini terbentuk dari kaldera letusan Gunung Patuha yang berada di kawasan Ciwidey.

Di sini, para pengunjung dapat menikmati pemandangan hamparan kawah putih yang sejuk dan kental dengan suasana pedesaan Priangan. 

Ketika fajar, pengunjung akan disuguhkan lanskap matahari terbit yang menawan. Adapun saat malam, gugusan galaksi bima sakti akan terlihat dengan jelas.

Sebetulnya, Kawah Putih Ciwidey ini merupakan kawah dari Gunung Patuha. Namun, wisatawan cenderung lebih mengenalnya dengan sebutan Kawah Putih. 

Area kawah ini berada di ketinggian kurang lebih 2.400 mdpl dengan suhu berkisar antara 8-22 derajat celsius.

Untuk memasuki kawasan kawah putih, pengunjung bisa naik ontang-anting. Kendaraan ini disediakan pengelola sebagai transportasi menuju kawah putih.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close