Hanya 3 Media di Indonesia, NTVnews Terpilih Program Google News Initiative Design Lab 2024

Nusantaratv.com - 09 Agustus 2024

NTVnews.id ikuti porgram GNI Newsroom Design Lab SEAS 2024 (Istimewa)
NTVnews.id ikuti porgram GNI Newsroom Design Lab SEAS 2024 (Istimewa)

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-NTVnews.id yang merupakan unit bisnis media dari NT Corporation berkesempatan mengikuti program Google News Initiative (GNI) Design Lab SEAS. Hanya ada tiga media dari Indonesia yang terpilih untuk kegiatan ini.

GNI Newsroom Design Lab adalah pelatihan dan pendampingan yang bertujuan membantu media membangun sebuah ruang redaksi yang dapat mempercepat pertumbuhan digital ke depannya.

Program pelatihan dilaksanakan secara online selama 4 bulan sejak 1 Juli hingga 14 Oktober 2024. Program ini hanya berlangsung dalam 16 sesi dengan satu sesinya berdurasi 1 jam.

Program GNI Newsroom Design Lab menerapkan sistem masterclass dan one on one session, serta kunjungan langsung ke kantor redaksi dalam menjalankan pelatihannya. Setiap sesi dipandu oleh staf-staf berpengalaman dari FT Strategies (FTS), perusahaan konsultan media dari Inggris.

FTS  membantu media dalam mentransformasi diri ke dunia digital. FTS dikelola oleh para ahli yang berhasil mengubah model bisnis Financial Times dalam menghadapi perkembangan zaman. FTS bekerja dengan memberikan strategi pertumbuhan berkelanjutan yang dibangun berdasarkan kemampuan terdepan yang meningkatkan customer engagement, retention, revenue, dan profit.

Sebelumnya, FTS telah sukses mentransformasi surat kabar Financial Times yang sudah berusia 130 tahun menjadi model digital yang berkembang secara pesat. Financial Times kini telah bertransformasi dari model pendapatan iklan ke model berlangganan yang menguntungkan bisnis dan sukses meraih 1 juta pelanggan digital berbayar per tahun, lebih cepat dari jadwal semula.

Ada tiga bagian penting yang coba dimatangkan lewat program ini, yakni penyelarasan tim redaksi dan produksi, pemanfaatan teknologi, dan optimasi proses. Selama program GNI Newsroom Design Lab, FTS juga menganalisis ruang redaksi dan performa website di Google. Selanjutnya FT Strategies akan memberikan insight terkait pilihan-pilihan pengembangan ke depan.

Pada akhirnya GNI Newsroom Design Lab bertujuan untuk memajukan praktik jurnalisme berkualitas, penguatan model bisnis media, dan membangun komunitas media global yang kolabotatif. GNI Newsroom Design Lab diikuti oleh 12 media dari 8 negara SEAS. Dan hanya 3 media dari Indonesia, salah satunya Ntvnews.id. 

 

 


 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close