Haedar Nashir Ajak Umat Muslim Meneladani Sifat Welas Asih Nabi Muhammad SAW

Nusantaratv.com - 16 September 2024

Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir. (Foto: Istimewa)
Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir. (Foto: Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir mengajak umat Islam meneladani sifat Nabi Muhammad SAW, dan menjadikan Islam sebagai agama yang membawa rahmat bagi seluruh alam.

"Mari kita praktikkan Islam sebagai agama rahmat semesta alam yang menebar kebaikan, keluhuran, perdamaian, persatuan dan nilai-nilai utama dalam kehidupan pribadi, keluarga, masyarakat, bangsa dan kemanusiaan di ranah global," ujar Haedar, Minggu (15/9/2024).

Hal itu disampaikannya saat dunia merayakan kegembiraan kelahiran Nabi Muhammad SAW setiap 12 Rabiulawal dalam kalender Hijriah.

Haedar menyebutkan, sifat welas asih dan rahmat bagi semesta sebagai landasan dalam membangun peradaban yang mulia, sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW.

"Kami percaya ketika kaum Muslimin menjadi umat yang berada di garda depan dalam mewujudkan nilai-nilai kebaikan, keluhuran, kebenaran, keadilan, kesatuan dan keutamaan dalam kehidupan, maka otomatis kaum Muslim menjadi pengikut Nabi Muhammad yang meniru dan meneladani uswah hasanah," tambah Haedar.

Menurutnya, Nabi Muhammad telah memberi teladan bagi umat untuk hidup maju di segala bidang kehidupan guna membangun peradaban alternatif yang mencerahkan semesta.

"Kaum muslimin harus mengembangkan kecerdasan yang murni, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta memanfaatkan segala potensi yang dianugerahkan Tuhan dalam memahami segala ciptaan-Nya, serta melahirkan peradaban yang utama bagi kehidupan di alam semesta ini," ungkap Haedar.

Haedar juga berharap umat Muslim dapat menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai panutan dalam membangun kehidupan yang lebih beradab, bermoral, dan penuh dengan nilai-nilai kemuliaan.  

Bangsa Indonesia yang berbasis pada kebudayaan luhur diharapkan mampu mewujudkan cita-cita luhur untuk membangun kehidupan yang lebih baik.

"Saya percaya bahwa peringatan kelahiran Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi Wassalam selalu menjadi sumber nilai kebaikan, keutamaan dan keluhuran hidup kita bersama," imbuhnya.

Haedar mengajak umat Islam untuk terus menebarkan kedamaian dan meneladani akhlak mulia Nabi Muhammad SAW melalui perbuatan nyata, dan bukan sekadar retorika.

Dia menekankan pentingnya menghindari sikap ekstrem yang hanya menimbulkan kebencian dan permusuhan.

"Lewat perbuatan, bukan demagogi. Jauhi sikap ekstrem (ghuluw) menebar benih saling membenci, menghujat, dan memusuhi. Lebih-lebih merasa diri paling benar dan bersih sendiri. Sikap naif seperti itu tidaklah mencerminkan akhlak mulia dan misi kerisalahan Nabi," tukas Haedar.


 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close