Hadiri Pesta Gotilon dan Ulang Tahun Gereja HKBP Jatiwaringin, Sondang Tampubolon: Terus Jadi Berkat Jemaat dan Bangsa

Nusantaratv.com - 05 November 2023

Acara Pesta Gotilon dan Ulang Tahun ke-45 Gereja HKBP Jatiwaringin.
Acara Pesta Gotilon dan Ulang Tahun ke-45 Gereja HKBP Jatiwaringin.

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Gereja HKBP Jatiwaringin menggelar Pesta Gotilon sekaligus perayaan ulang tahun yang ke-45 di Gedung Graha Delima, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (5/11/2023). Acara bertema "Tahun Profesionalisme dalam Penatalayanan" ini, turut dihadiri jemaat HKBP yang juga Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Sondang Tampubolon. 

Sondang mengaku senang bisa hadir dalam kegiatan tersebut. 

"Hari ini saya menghadiri Pesta Gotilon, pesta ulang tahun ke-45 Gereja HKBP Jatiwaringin. Pesta ucapan syukur setiap tahun atas berkat yang diadakan Tuhan Maha Kuasa, kalau dulu namanya Pesta Panen," ujar Sondang di sela acara. 

"Gereja HKBP adalah gereja yang masih mengangkat tradisi Pesta Panen tersebut dan itu tetap di dalam firman Tuhan," imbuhnya. 

Sondang pun menghaturkan selamat ulang tahun kepada Gereja HKBP Jatiwaringin. Ia berharap Gereja dapat terus bermanfaat bagi jemaat maupun masyarakat pada umumnya. 

"Selamat ulang tahun kepada Gereja HKBP Jatiwaringin, terus menjadi berkat bagi jemaatnya, bagi bangsa dan negara, jadi pemersatu, mengisi sendi-sendi pembangunan yang ada di negara tercinta Indonesia," tuturnya. 

Ketua panitia acara, Johnson Pakpahan menjelaskan, bahwa persiapan Pesta Gotilon dan perayaan HUT Gereja HKBP Jatiwaringin, dilakukan sejak bulan Maret 2023 lalu. 

"Kita sudah sosialisasi kepada seluruh ruas Gereja kita sesuai SK yang diberikan uluan kepada kita. Kita sudah banyak sekali, dari seluruh WAG kita ikut di dalamnya terlibat dalam melaksanakan kegiatan ini," tuturnya. 

Sebelum acara puncak yang dihelat hari ini, sejumlah kegiatan dihelat mereka. Salah satunya peningkatan kapasitas sintua atau penatua, yang merupakan mitra pendeta dalam melayani jemaat. 

"Termasuk bagaimana menjaga kekompakan mereka supaya pelayanan kita itu semakin bagus ke depannya. Itu yang sudah kita bangun di dalam tahun profesionalisme," tuturnya. 

Sementara, salah seorang jemaat awal berdirinya HKBP Jatiwaringin, Norah Nababan mengaku bersyukur dengan kemajuan yang diraih Gereja hingga kini berumur 45 tahun. Ia menyaksikan perkembangan pesat dan positif Gereja HKBP Jatiwaringin dari tahun 1978.

"Saya dapat menyaksikan perkembangan HKBP Jatiwaringin yang sangat luar biasa. Kami tadinya hanya 40 KK tahun tahun '78, mulai dari sekolah minggu, gedung tidak ada, kami di rumah-rumah, numpang di sekolah, sampai saat ini jemaat HKBP Jatiwaringin yang berjumlah 2.287 KK kalau dijumpai dengan person, bisa 7 ribu lebih," papar dia. 

"Sehingga saya katakan Gereja HKBP Jatiwaringin adalah salah satu gereja yang terbesar di Jakarta," imbuh Norah. 

Pesta Gotilon dan perayaan HUT Gereja HKBP Jatiwaringin sendiri diawali dengan kebaktian yang diiringi organ dan gondang. Setelah kebaktian, acara Pesta Gotilon dimulai dengan menyanyikan lagu "Mangula Hita Jolma" dilanjutkan dengan lagu berjudul "Di Son Adong Huboan Tuhan". Kegiatan terus dilanjut dengan berbagai rangkaian acara. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close