Hadiri Peringatan Hari Buruh Internasional, Bupati Bandung Apresiasi Kerjasama Buruh

Nusantaratv.com - 21 Mei 2022

Bupati Bandung Dadang Supriatna hadiri peringatan hari buruh
Bupati Bandung Dadang Supriatna hadiri peringatan hari buruh

Penulis: Saifal Ode | Editor: Supriyanto

Nusantaratv.com - Bupati Bandung Dadang Supriatna menghadiri peringatan hari buruh internasional yang jatuh pada 1 Mei, setiap tahunnya.

Bupati Bandung berharap para buruh bisa turut memajukan kabupaten Bandung.

"Para buruh harus Bedas berdaya untuk kemajuan Kabupaten Bandung. Karena visi kita terwujudnya Kabupaten Bandung yang bangkit, edukatif, dinamis, agamis dan sejahtera (Bedas)," kata Bupati Dadang Supriatna di dalam di Gedung Moch Toha Soreang, Sabtu (21/5/22).

Menurutnya, peran buruh sangat penting. Tanpa kerja sama dengan para buruh, Bupati Bandung meyakini semua program tidak akan berjalan. 

"Salah satu bukti bahwa kita berkerjasama dengan para buruh dan pengusaha. Pada tahun 2021 lalu, dalam kondisi pandemi Covid-19 yang sangat berat, saat itu dengan adanya kebersamaan, dan kekompakan alhamdulillah laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bandung meningkat 6 persen. Yang asalnya minus -1,80 persen, menjadi 3,58 persen. Selain itu angka pengangguran di Kabupaten Bandung semakin berkurang," tuturnya.

Logikanya, lanjut Dadang Supriatna, dalam kondisi pandemi Covid-19, angka pengangguran seharusnya bertambah. "Tetapi pada saat kemarin terbukti, bahwa yang asalnya 8,52 persen menurun menjadi 8,32 persen. Ini salah satu bukti antara pemerintah daerah ada komunikasi dan kerjasama dengan para buruh maupun dengan para pengusaha," ujarnya.

"Dengan adanya kenaikan UMK dan segala hal lainnya, semua bisa dibicarakan dan dikomunikasikan. Kenapa, jangan sampai menghambat produksi di perusahaan tempat para buruh bekerja. Karena kalau menghambat produksi, akan merugikan kita semua," imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Bandung juga memberikan kesempatan dan kemudahan kepada berbagai pihak untuk berinvestasi di Kabupaten Bandung melalui kemudahan dalam proses perijinan.

"Investasi dan perijinan kita permudah. Yang ada perijinannya berat atau ada amdalnya, paling maksimal selama 90 hari harus sudah selesai. Yang ringan, selama 40 hari sampai 50 hari selesai," ucapnya.

Artinya, lanjut Bupati Bandung, tidak perlu menunggu waktu lama. "Kenapa, karena kalau menunggu lama, saya khawatir investor lari. Larinya investor tidak ada pengembangan," katanya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Bandung H. Rukmana mengatakan, pelaksanaan peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day yang dilaksanakan di Gedung Moch Toha Soreang ini merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap para pekerja di Kabupaten Bandung.

"Kita dari tahun ke tahun memfasilitasi peringatan May Day ini. Bukan hanya sekedar peringatan saja, kegiatan ini juga merupakan wadah bagi para buruh untuk memberikan masukan dalam bentuk pernyataan sikap, apa yang harus dilakukan pemerintah. Tujuannya agar kita selalu berupaya untuk memberikan perlindungan dan menciptakan kesejahteraan para pekerja. Hal ini juga merupakan upaya Pemerintah dalam menciptakan kondusivitas," tuturnya.

Rukmana menyebutkan, bahwa para buruh merasakan belum berkeadilan dan belum sejahtera, hal itu menjadi persoalan klasik. "Maka hal ini harus kita benahi. Selama para pengusaha belum memberikan upah yang layak, bagaimana para buruh bisa meningkatkan kesejahteraan dan berkeadilan. Ini akan terus kita dorong, jangan sampai pengusaha bayar upah dibawah UMK. Jangan sampai hak-hak para pekerja diabaikan," ujarnya.

Tema yang diusung dalam peringatan Kegiatan May Day yang diikuti ribuan buruh di Kabupaten Bandung tersebut adalah 'buruh bangkit bersama, buruh cerdas berkarya dan buruh bedas berdaya'. Dengan semangat May Day tahun 2022 ini, jadikan modal utama untuk mencapai kesejahteraan pekerja/buruh dan keluarganya. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close