Hadiri KTT Quad di Jepang pada Mei, Joe Biden Kemungkinan Gelar Pertemuan Puncak dengan Presiden Terpilih Korsel Yoon Suk Yeol

Nusantaratv.com - 12 April 2022

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. (Reuters)
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. (Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden telah mengisyaratkan akan mengunjungi Jepang pada bulan depan untuk menghadiri pertemuan para pemimpin negara-negara anggota Quad.

Dikutip dari KBS World, Selasa (14/4/2022), Biden mengatakan kepada Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi dalam pembicaraan puncak secara virtual pada Senin (11/4/2022) jika dia berharap dapat bertemu dengan Modi di Jepang untuk pertemuan Quad pada sekitar 24 Mei. 

Anggota Quad terdiri dari AS, India, Jepang, dan Australia. Dalam pembicaraan virtual pada Maret, para pemimpin anggota Quad sepakat untuk mengadakan pertemuan langsung di Jepang pada musim semi ini, tetapi tanggal tepatnya belum diumumkan.

Terdapat spekulasi jika Biden mengunjungi Jepang pada 24 Mei seperti yang disebutkan, maka terdapat kemungkinan dia juga akan mengunjungi Korea Selatan (Korsel) dan mengadakan pertemuan puncak dengan Presiden Terpilih Yoon Suk Yeol, yang pelantikannya sebagai presiden akan dilakukan pada 10 Mei.

Jika pertemuan tingkat tinggi itu terwujud, maka akan menjadi pertemuan puncak pertama antara Presiden Korsel yang baru dan Presiden AS. (Rafli Dwidani Setyawan)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close