Hadapi Ancaman El Nino, BRIN Siapkan Skenario

Nusantaratv.com - 07 Agustus 2023

BRIN. (Net)
BRIN. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko menyebut pihaknya terus berkoordinasi perihal ancaman El Nino. Handoko mengaku bakal menyiapkan berbagai skenario untuk menghadapi ancaman itu. 

"Kalau El Nino kami BRIN selalu dilibatkan ya di rapat terbatas juga bersama Presiden, khususnya terkait antisipasi dampak El Nino terhadap ketahanan pangan kita," ujar Handoko usai menghadiri acara dialog peneliti BRIN, Senin (7/8/2023).

Ia mengaku belum mengetahui betul El Nino seperti apa yang akan terjadi. Tapi, dia tetap akan mengantisipasi dampak-dampak El Nino.

"Kita belum tahu ya El Nino-nya akan seperti apa ini, meskipun sudah terprediksi dari Kepala BMKG," ucapnya.

"Tetapi kita harus bersiap-siap menyiapkan segala jenis skenario yang mungkin terjadi, apabila El Nino ini berkepanjangan sampai mengganggu produksi pangan dan seterusnya misalnya," imbuhnya. 

Handoko mengungkap skenario apa saja yang dapat dilakukan menghadapi El Nino. Dia pun berharap El Nino tidak akan berlangsung lama.

"Skenarionya tentu yang pertama, tentu yang paling positif El Ninonya tidak berjalan terlalu lama, sehingga kemungkinan besar bisa jadi tidak memberikan dampak yang terlalu signifikan terkait produksi pangan," kata Handoko.

"Tapi juga kita tidak menutup kemungkinan juga potensi El Nino berkepanjangan, yang tentu tidak kita harapkan tetapi sejauh ini sih sebenarnya cukup moderat," sambungnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close