Habis Suruh Siswa Masuk Jam 5 Pagi, Gubernur NTT Minta Warga Ke Mana-mana Jalan Kaki

Nusantaratv.com - 01 Maret 2023

Gubernur NTT Viktor Laiskodat. (Net)
Gubernur NTT Viktor Laiskodat. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Viktor Laiskodat menerbitkan surat edaran berisi imbauan agar warganya berjalan kaki untuk mengendalikan lonjakan inflasi. 

Kepala Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setda NTT Lery Rupidara menjelaskan imbauan itu tercantum dalam surat edaran yang diteken pada 7 November 2022 lalu.

Dia mengatakan, surat edaran itu dikeluarkan lantaran saat ini inflasi tengah melonjak, baik di tingkat daerah maupun nasional.

"Tanggal 7 November 2022 itu ada edaran bersifat himbauan untuk berjalan kaki atau bersepeda bebas kemanapun berapa jarak pun terserah kemampuan dan kebutuhan setiap orang," ujar Lery, Selasa (28/2/2023). 

"Hal ini dalam rangka pengendalian inflasi juga ramah lingkungan dan sehat. Ini bersifat himbauan," sambungnya.

Menurut dia, imbauan untuk berjalan kaki ataupun bersepeda merupakan ajakan yang baik. Ia menuturkan bahwa imbauan itu bersifat moral, tak ada kewajiban untuk melaksanakannya karena berkaitan dengan hak asasi masing-masing warga.

"Himbauan bersifat moral karena itu kan hak asasi orang. Sederhana saja," kata dia.

Lery mengaku kerap melaksanakan imbauan tersebut. Bahkan, kata dia, Viktor pun beberapa kali terlihat berjalan kaki. Namun, untuk berjalan kaki ataupun bersepeda Lery harus melihat konstelasi kesibukan dirinya.

"Kalau memungkinkan oke, kalau enggak memungkinkan ya enggak," kata dia.

"Tapi memang pertama sekali dalam rangka inflasi, juga untuk pencegahan emisi gas buang, ramah lingkungan, dan buat kesehatan," imbuhnya.

Sebelumnya, Gubernur NTT meminta sekolah khusus SMA dan SMK masuk pukul 05.00. Ini dilakukan guna melatih kedisiplinan. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close