Gunung Taal di Filipina Erupsi Lagi, Ahli Peringatkan Bahaya Tsunami

Nusantaratv.com - 26 Maret 2022

Gunung Taal di Filipina meletus lagi/ist
Gunung Taal di Filipina meletus lagi/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Gunung Taal di Filipina meletus lagi pada Sabtu (26/3/2022). Ribuan orang yang tinggal di sekitar Gunung Taal harus mengungsi.

Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina gunung yang terletak di sebuah danau indah di selatan Manila, meletus hebat pukul 07:22 waktu setempat.

Ribuan warga sekitar langsung diungsikan karena ada ancaman terjadi letusan susulan, yang dapat memicu aliran gas, abu dan puing vulkanik yang berbahaya dan bergerak cepat, serta tsunami.

Pada letusan awal Gunung Taal memuntahkan gumpalan awan panas sejauh 1.500 meter (4.900 kaki) ke udara.

Baca juga: Gunung Anak Krakatau 2 Kali Erupsi, Muntahkan Abu Setinggi 1.000 Meter

"Baunya sangat menyengat dan saya kesulitan bernapas," kata Cornelia Pesigan warga sekitar Gunung Taal, mengutip CNNIndonesiacom.

Menurut seismolog, Princess Cosalan abu vulkanik dan uap panas telah mereda dalam beberapa jam setelah ledakan awal, namun sensor di dekat lokas terus mendeteksi gempa vulkanik dan letusan lain.

Sementara itu, Kepala Badan Geologi Filipina, Renato Solidum, mengatakan aktivitas letusan lebih lemah dari erupsi yang terjadi pada Januari 2020, ketika Taal melepaskan abu setinggi 15 kilometer dan memuntahkan lahar panas.

Pasca erupsi Gunung Taal, polisi setempat melarang setiap orang mendekati zona berisiko tinggi. Sementara otoritas penerbangan memperingatkan maskapai penerbangan dan pilot tentang potensi bahaya dari abu vulkanik di atmosfer.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close