Gunung Merapi 7 Kali Luncurkan Guguran Lava Pijar

Nusantaratv.com - 08 Maret 2023

Gunung Merapi luncurkan guguran lava pijar/ist
Gunung Merapi luncurkan guguran lava pijar/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Gunung Merapi dilaporkan mengalami peningkatan aktivitas. Gunung yang berada di perbatasan Kabupaten Sleman, DIY dengan Kabupaten Magelang, Boyolali, Klaten Jawa Tengah ini tujuh kali luncurkan guguran lava pijar sepanjang Selasa (7/3/2023). 
Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Tehnologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Agus Budi Santosa mengatakan jarak luncuran maksimal sejauh 1,5 kilometer. 

Luncuran guguran lava pijar ke arah barat daya. Suara guguran 2 kali terdengar dari Pos Babadan dengan intensitas sedang. 

"Tingkat aktivitas Gunung Merapi masih sama yaitu Level III atau Siaga," ujar Agus Budi Santosa, Rabu (8/3/2023).

Agus menyebut kondisi cuaca di sekitar Gunung Merapi sebenarnya cerah, berawan dan mendung. Angin bertiup lemah, sedang ke arah barat dan timur. Suhu udara 13-26 deraja Celsius, kelembaban udara 65-99 persen, dan tekanan udara 567-689 mmHg. 

"Secara visual gunung jelas terlihat dengan kabut sesekali terjadi. Asap kawah bertekanan lemah teramati berwarna putih dengan intensitas sedang dan tinggi 30-50 meter di atas puncak kawah," pungkas Agus.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])