Gunung Marapi Kembali Erupsi Lagi, Bandara Minangkabau Terpaksa Ditutup

Nusantaratv.com - 19 Januari 2024

Gunung Marapi di Sumatera Barat kembali mengalami erupsi/ist
Gunung Marapi di Sumatera Barat kembali mengalami erupsi/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Gunung Marapi kembali mengalami erupsi pada hari ini, Jumat (19/1/2024). Gunung yang terletak di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat memuntahkan abu vulkanik. 

Demi menjaga keselamatan penerbangan Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di Padang Pariaman, Sumatera Barat diputuskan dit ut up sementara menyusul sebaran abu vulkanik Gunung Marapi. 

Kepala Otoritas Bandara (Otban) Wilayah VI Padang Capt Megi Helmiadi menyebut penutupan BIM dimulai pada pukul 14.15 WIB. Dia belum merinci sampai kapan penutupan akan dilakukan.

Baca juga: Aktivitas Gunung Marapi Masih Tinggi, Warga Diminta Jauhi Pusat Erupsi

"Dikarenakan sebaran abu vulkanik sudah mencapai Bandara Internasional Minangkabau (BIM), kami infomasikan BIM kami tutup operasinya mulai pukul 14.15 WIB ini," kata Megi, Jumat (19/1/2024).

Megi menuturkan keputusan penutupan sementara operasional BIM karena berdasarkan hasil paper test, sebaran abu vulkanik Gunung Marapi sudah sampai ke area bandara. 

Ia tak merinci banyak penerbangan yang terdampak akibat penutupan ini.

Sejak Gunung Marapi mengalami peningkatan aktivitas hingga erupsi, Otban sudah tiga melakukan penutupan Bandara Internasional Minangkabau. Penutupan pertama dilakukan pada 22 Desember 2023 dan yang kedua pada 5 Januari 2024 lalu.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close