Gunung Lewotobi Meletus Semburkan Lava Pijar, Ribuan Warga Dulipali-NTT Dievakuasi

Nusantaratv.com - 10 Januari 2024

Gunung Lewotobi Laki-laki meletus dan menyemburkan lava pijar/ist
Gunung Lewotobi Laki-laki meletus dan menyemburkan lava pijar/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Gunung Lewotobi Laki-laki meletus pada Selasa (9/1) pukul 18.00 Wita. Dilaporkan gunung yang terletak di Flores, NTT ini memuntahkan abu vulkanik setinggi 500 meter beserta lava pijar sejauh 1 kilometer. 

5.057 orang warga sekitar langsung dievakuasi tim SAR gabungan ke lokasi aman. 

Mereka dievakuasi sekitar pukul 03.40 Wita menuju posko pengungsian di Desa Boru, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur.

Baca juga: Status Gunung Lewotobi Laki-laki Naik jadi Awas, Bandara Gewayantana-NTT Ditutup Hari Ini

"Warga Desa Dulipali menjadi salah satu desa terdampak aliran lava sesuai pengamatan Pos PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi)," ungkap Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Maumere Supriyanto Ridwan selaku SMC (SAR Mission Coordinator).

Status Gunung Lewotobi kini menjadi level Awas. Masyarakat terdampak diimbau tetap tenang dan mengikuti arahan dari pemerintah daerah.

"Tim SAR Gabungan akan terus bersiaga dan melakukan evakuasi terhadap warga desa yang terdampak erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki," katanya.

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close