Gunung Lewotobi Kembali Erupsi dan Muntahkan Abu Vulkanis Setinggi 1.500 Meter

Nusantaratv.com - 18 Januari 2024

Gunung Lewotobi Laki-laki kembali erupsi dan muntahkan abu vulkanis/ist
Gunung Lewotobi Laki-laki kembali erupsi dan muntahkan abu vulkanis/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Gunung Lewotobi Laki-laki belum menunjukkan aktivitas menurun. Gunung yang terletak di Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dilaporkan kembali mengalami erupsi dan melontarkan abu vulkanis setinggi 1.500 meter pada Kamis (18/1/2024). 

Petugas Pos Pengamatan Gunung Lewotobi Laki-laki Herman Yosef mengatakan letusan itu terjadi pagi ini pukul 08.23 WITA dengan kolom abu mengarah ke utara dan timur laut. 

"Saat laporan ini dibuat erupsi masih berlangsung," kata Herman.

Status Gunung Lewotobi Laki-laki Level IV atau Awas terhitung sejak 9 Januari 2024. Level IV merupakan status tertinggi gunung api yang mengindikasikan erupsi atau letusan dapat mengancam pemukiman di sekitar gunung api tersebut.

Baca juga: Erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki, Terdengar 28 Kali Letusan

Potensi banjir lahar dingin juga perlu diwaspadai oleh masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki-laki. Terutama pada sungai-sungai yang berhulu di puncak gunung jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki-laki untuk tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius lima kilometer dari pusat erupsi dan sektoral enam kilometer ke arah utara serta timur laut.

Masyarakat juga diminta agar tenang dan mengikuti arahan pemerintah daerah serta tidak mempercayai isu-isu yang tidak jelas sumbernya. 

"Jika terjadi erupsi dan hujan abu masyarakat diimbau untuk tetap berada di dalam rumah dan apabila berada di luar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut berupa masker, dan kacamata," bunyi imbauan PVMBG.  

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close