Gunung Ile Lewotolok Erupsi, Warga di 3 Desa Lembata Diminta Waspada

Nusantaratv.com - 23 Maret 2023

Gunung Api Ile Lewotolok kembali mengalami erupsi pada Rabu (22/3)/ist
Gunung Api Ile Lewotolok kembali mengalami erupsi pada Rabu (22/3)/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Gunung Api Ile Lewotolok kembali mengalami erupsi pada Rabu (22/3). Gunung yang  terle tak di Kabupaten Lembata, NTT empat kali memuntahkan guguran atau longsoran lava dan awan panas.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Ile Lewotolok di Desa Laranwutun meminta warga di tiga desa di Kecamatan Ile Ape dan Ile Ape Timur tetap waspada. 

"Masyarakat Desa Lamawolo, Desa Lamatokan, dan Desa Jontona, agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya dari guguran atau longsoran lava dan awan panas dari bagian timur puncak kawah Gunung Ile Lewotolok," imbau Pos Pengamatan Gunung Api Ile Lewotolok, Rabu (22/3) malam.

Petugas mengimbau agar warga, pendaki, dan pengunjung tidak melakukan aktivitas dalam radius dua kilometer dari pusat aktivitas gunung.

Pada erupsi yang keempat pada pukul 20.16 WITA, Gunung Ile Lewotolok memuntahkan lontaran lava pijar ke segala arah, dengan radius lontaran 200 hingga 400 meter. Hal itu disertai dentuman gemuruh yang kuat.

Masyarakat yang bermukim di tiga desa tersebut tetap waspada terhadap potensi ancaman bahaya lahar yang dapat terjadi terutama di saat musim hujan.

Masyarakat juga diimbau menggunakan masker untuk melindungi hidung dan mulut untuk menghindari gangguan pernapasan (ISPA) maupun gangguan kesehatan lainnya, yang disebabkan oleh abu vulkanik yang disemburkan gunung tersebut.

Saat ini Gunung Api Ile Lewotolok berada pada status level siaga II (Waspada).

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])