Gunung Ibu di Halmahera Meletus, Muntahkan Abu Vulkanik Setinggi 800 Meter

Nusantaratv.com - 03 Maret 2024

Gunung Ibu di Halmahera mengalami erupsi pada hari ini/ist
Gunung Ibu di Halmahera mengalami erupsi pada hari ini/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Gunung Ibu di Pulau Halmahera, Provinsi Maluku Utara mengalami erupsi pada Minggu (3/3/2024) dan memuntahkan 
abu vulkanik setinggi 800 meter.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Ibu, Axl Roeroe, mengatakan letusan itu terjadi pagi ini pukul 08.07 WIT. Kolom abu tebal mengarah ke selatan dan barat daya.

"Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 20 milimeter dan durasi 190 detik," kata Roeroe dalam laporan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Sementara itu, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau masyarakat untuk selalu mewaspadai aliran lahar pada sungai-sungai yang berhulu ke puncak Gunung Ibu. Masyarakat diminta berkoordinasi dengan pos pengamatan gunung api setempat.

Baca juga: Gunung Semeru Erupsi, Masyarakat Diimbau Tidak Beraktivitas Radius 5 Km, Rawan Lontaran Batu

Saat ini status Gunung Ibu berada pada status level II atau waspada.

Masyarakat dilarang berada di sekitar gunung berapi tersebut dan tidak beraktivitas di dalam radius 2 kilometer dan perluasan sektoral berjarak 3,5 kilometer ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif. 

Gunung Ibu merupakan gunung berapi paling aktif di Indonesia pada 2023. Data menunjukkan Gunung Ibu mengalami erupsi sebanyak 21.100 kali

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close