Gubernur Sultra Berharap PGMI Menjadi Wadah Peningkatan Guru

Nusantaratv.com - 22 November 2022

Gubernur Ali Mazi saat pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Wilayah Persatuan Guru Madrasah Indonesia (DPW PGMI) Provinsi Sulawesi Tenggara periode 2022-2027. (Antara/HO-Diskominfo Sultra)
Gubernur Ali Mazi saat pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Wilayah Persatuan Guru Madrasah Indonesia (DPW PGMI) Provinsi Sulawesi Tenggara periode 2022-2027. (Antara/HO-Diskominfo Sultra)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Gubernur Sultra, Ali Mazi, berharap Dewan Pimpinan Wilayah Persatuan Guru Madrasah Indonesia (DPW PGMI) Provinsi Sulawesi Tenggara menjadi organisasi yang mampu mewadahi upaya peningkatan kualitas kesejahteraan guru.

Berdasarkan rilis Diskominfo Sulawesi Tenggara yang diterima di Kendari, Selasa, menyebutkan, melalui DPW PGMI Sulawesi Tenggara, pemerintah berharap bahwa PGMI tidak hanya menjadi organisasi profesi bagi guru madrasah semata, tetapi juga menjadi organisasi yang mampu mewadahi upaya peningkatan kualitas kesejahteraan guru, dan wadah bagi peningkatan kualitas pembelajaran di madrasah.

Gubernur saat melantik kepengurusan DPW PGMI periode 2022-2027 berharap para pengurus PGMI Sulawesi Tenggara mampu menyiapkan program-program kerja dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah dan organisasi lainnya untuk bersama lebih produktif dalam mendukung program pembangunan sumber daya manusia di Sulawesi Tenggara.

“Saya menilai, dengan jumlah guru dan tenaga kependidikan madrasah yang ada di Provinsi Sulawesi Tenggara sebanyak 9.286orang, merupakan modal pembangunan sumber daya manusia yang sangat berharga jika mampu dikelola dengan baik.

Untuk itu, kata dia, dirinya menyambut baik dan mengapresiasi terlaksananya pelantikan dan rakerwil DPW PGMI Sulawesi Tenggara masa bakti 2022 – 2027. "Saya menilai kedua kegiatan ini, memiliki makna penting bagi organisasi PGMI dalam rangka memperkuat eksistensi guru madrasah di Provinsi Sulawesi Tenggara,” kata Gubernur Ali Mazi.

Ia menambahkan, sesuai visi pembangunan daerah Sulawesi Tenggara tahun 2018-2023, yakni terwujudnya Sulawesi Tenggara yang Aman, Maju, Sejahtera dan Bermartabat, melalui gerakan akselerasi pemerataan pembangunan wilayah daratan dan lautan/kepulauan yang dikenal dengan akronim “GARBARATA”, fokus Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara untuk mengatasi persoalan di bidang pendidikan didesain dalam program prioritas Sulawesi Tenggara Cerdas.

Semangat Madrasah Mandiri Berprestasi yang digaungkan oleh Kementerian Agama dengan ditopang oleh Program Sulawesi Tenggara Cerdas Pemerintah Sulawesi Tenggara dan digerakkan dengan Sultra Bersahabat (Bersih Religius-Santun, Harmonis-Berbasis Teknologi) oleh Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara, adalah bahan bakar dan dukungan yang luar biasa bagi segenap pengurus PGMI Sulawesi Tenggara untuk mampu mewujudkan program-program kerjanya dengan baik.

Saat ini keberadaan madrasah, semakin mendapat perhatian besar dari pemerintah dan masyarakat. Ini tidak terlepas dari peran madrasah yang di dalamnya terdapat guru-guru luar biasa yang diyakini dapat menciptakan kualitas sumber daya manusia paripurna yang dalam agama Islam disebut Insan Kamil manusia yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta berakhlakul kharimah.

”Oleh karenanya, saya selaku gubernur berharap kepada guru-guru madrasah di semuat tingkatan, agar dapat senantiasa melaksanakan praktik pendidikan yang berkualitas agar mampu menciptakan Insan Kamil untuk kemaslahatan masyarakat dan umat manusia,” ujar Gubernur Ali Mazi.

Gubernur Ali Mazi secara pribadi dan atas nama pemerintah daerah mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional Tahun 2022, sembari menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua guru yang senantiasa berinovasi dalam mengajar dengan ikhlas, tanpa pamrih demi kemajuan bangsa melalui tranformasi ilmu pengetahuan serta pembinaan mental dan ahklaq anak didik.

Gubernur Ali Mazi mengajak kepada semua guru di Tengga ra, mari terus laksanakan tugas mulia menciptakan generasi bangsa yang cerdas secara intelektual, emosional dan spritual untuk Sulawesi Tenggara dan Indonesia yang maju sebagai wujud pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close