Gubernur Kepri Ingatkan RSUP Tingkatkan Pelayanan Kepada Pasien

Nusantaratv.com - 13 November 2022

Rumah Sakit Raja Ahmad Thabib (RSUP Kepri) (FOTO ANTARA/Nikolas Panama)
Rumah Sakit Raja Ahmad Thabib (RSUP Kepri) (FOTO ANTARA/Nikolas Panama)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad mengingatkan pihak manajemen Rumah Sakit Raja Ahmad Thabib (RSUP Kepri) untuk meningkatkan pelayanan kepada pasien.

"Saya masih mendengar ada keluhan pasien maupun keluarga pasien terkait pelayanan di RSUP Kepri. Ini perlu dibenahi segera," katanya di Tanjungpinang, Ahad.

Ia mengatakan pelayanan mendasar yang perlu diterapkan secara konsisten yakni ramah dan sopan kepada pasien dan keluarganya. Sikap ramah dan sopan kepada pasien dan keluarganya merupakan pondasi awal sebelum mengambil tindakan medis.

Secara psikologis, menurut dia sikap itu dapat mengurangi rasa sakit, dan meningkatkan kepercayaan pasien dan keluarganya terhadap pelayanan rumah sakit.

"Pihak rumah sakit juga harus bersikap solutif, bukan malah menyulitkan, membingungkan, dan memberatkan pasien. Pasien datang mau berobat dan sembuh, jangan malah menambah sakit mereka akibat birokrasi pelayanan yang panjang," katanya.

Mantan Bupati Bintan dua periode itu juga mengingatkan pelayanan BPJS perlu ditingkatkan, tidak menyulitkan pasien, terutama yang membutuhkan segera penanganan medis. Keselamatan pasien wajib diutamakan sebagai bentuk pertanggungjawaban rumah sakit dalam memberikan pelayanan secara maksimal.

"Lakukan secara konvensional secara cepat bila sistem 'finger print' untuk mendapatkan pelayanan BPJS misalnya menghambat pelayanan. Harus ada opsi untuk mempercepat pelayanan. Yang perlu digarisbawahi adalah pelayanan maksimal untuk keselamatan pasien," katanya.

Ia juga mengingatkan birokrasi dalam pengambilan obat-obatan juga perlu diperbaiki sehingga tidak menyulitkan pasien.

"Bagian-bagian lain yang perlu dibenahi segera dibenahi agar semakin tinggi kepercayaan publik kepada RSUP Kepri," katanya.

Gubernur menilai kepercayaan publik terhadap RSUP Kepri semakin membaik selama pandemi COVID-19. Karena itu, ia mengingatkan agar pelayanan kepada pasien terus ditingkatkan, jangan sampai ada pasien yang mengeluh akibat pelayanan yang kurang profesional.

Hari Kesehatan Nasional tahun 2022, kata dia, merupakan momentum bagi RSUP Kepri untuk meningkatkan pelayanan agar semakin baik.

"Peralatan medis dan sumber daya manusia di RSUP Kepri sudah semakin bagus. Namun perlu terus ditingkatkan sehingga warga Kepri tidak perlu lagi berobat ke luar negeri," demikian Ansar Ahmad.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close