Grafik Hasil Pilpres-Pileg Nggak Ada Lagi di Sirekap, Kenapa?

Nusantaratv.com - 06 Maret 2024

Tampilan Sirekap saat ini.
Tampilan Sirekap saat ini.

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI tak lagi menampilkan grafik angka perolehan suara Pilpres 2024 dan Pileg 2024 pada Sirekap. Sebab, hal itu menimbulkan permasalahan. 

"Grafik angka perolehan suara tidak akan ditampilkan kembali," ujar Ketua Divisi Teknis KPU RI Idham Holik kepada wartawan, Rabu (6/3/2024).

"Akibat ketidakakuratan sebagian kecil hasil pembacaan Sirekap telah memunculkan polemik dan bahkan disinformasi atas proses rekapitulasi perolehan suara peserta pemilu," imbuhnya.

KPU hanya akan menampilkan foto formulir model c hasil dalam Sirekap. Idham menilai formulir model c hasil jarang dilihat oleh pengakses Sirekap.

Sebagai gantinya, lanjut Idham, KPU kabupaten/kota dan provinsi yang telah melakukan rekapitulasi manual wajib mempublikasikan hasilnya di website dan media sosial masing-masing KPU daerah. Idham mengatakan saat ini KPU hanya akan fokus menampilkan data hasil rekapitulasi secara berjenjang.

"Bagi KPU di daerah yang telah menyelesaikan rekapitulasinya wajib mempublikasikan hasil rekapitulasi perolehan suara peserta pemilu ke publik. Kini masyarakat dapat mengaksesnya," jelas dia.

Sebelumya, pada Sirekap KPU ditampilkan grafik data persentase perolehan suara Pilpres 2024 maupun Pileg. Namun kini masyarakat hanya dapat mengakses foto formulir model c hasil di masing-masing TPS.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close