Google Maps Hapus 100 Juta Informasi Palsu, Pantas Banyak yang Nyasar

Nusantaratv.com - 01 April 2022

Ilustrasi Google Maps/ist
Ilustrasi Google Maps/ist

Penulis: Andi Faisal | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Kita sering mendengar ada orang yang tersasar sampai ke wilayah pelosok atau masuk jalan buntu saat menggunakan aplikasi Google Maps. Usut punya usut ternyata penyebab kejadian itu karena ulah oknum tak bertanggungjawab yang memberikan informasi palsu. 

Untuk mengatasi keluhan para pengguna, Google Maps pun melakukan bersih-bersih. Total ada 100 juta informasi palsu yang diblokir oleh Google Maps.

Tak hanya itu, Google Maps juga telah mengadopsi teknologi terbaru yang memungkinkan komputer untuk belajar tentang lingkungan mereka dengan menjelajahi pola dalam data. Pasalnya, di masa mendatang moderasi konten tak sesuai di dunia maya akan bergantung pada machine learning atau pembelajaran mesin menggunakan kecerdasan buatan (AI).

Layanan Google Maps akan menggunakan teknologi seperti itu, di tangan Google machine learning akan mendapatkan latihan dengan mengawasi perilaku kasar di Google Maps.

Google mengungkapkan cara mereka untuk menjaga informasi di Google Maps tetap dapat diandalkan dan dipercaya.

Google juga mengatakan bahwa mereka menggunakan pembelajaran mesin dan operator manusia untuk memblokir lebih dari 100 juta upaya pengeditan palsu pada profil di Google Business.

Tak berhenti sampai di situ, mesin pembelajaran ini juga membantu Google menghapus lebih dari 7 juta profil palsu, di mana 630 ribu penghapusan ini berdasarkan laporan dari pengguna.

Google juga menghentikan 12 juta upaya penyamaran perusahaan dan menutup 8 juta upaya penipuan yang mengklaim sebagai profil perusahaan. Google pun menutup 1 juta akun karena telah melanggar kebijakan terkait.

Dalam bersih-bersih kali ini Google juga menindak ulasan palsu yang bersifat menjatuhkan pengguna lain. 

Lebih dari 95 juta ulasan yang melanggar kebijakan Google dihapus dan 60 ribu di antaranya terkait dengan masalah seputar covid-19.

Mesin pembelajaran ini juga membantu tim Google Maps menghapus hampir 200 juta foto dan video berkualitas buruk atau melanggar kebijakan. (dari berbagai sumber)


 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])