Gibran Tegaskan Hilirisasi Sebagai Upaya Keluar dari 'Middle Income Trap'

Nusantaratv.com - 21 Januari 2024

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka. (Tangkapan layar YouTube KPU RI)
Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka. (Tangkapan layar YouTube KPU RI)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menegaskan kebijakan hilirisasi bakal menjadi salah satu upaya untuk keluar dari jebakan pendapatan kelas menengah (middle income trap).

Dengan adanya hilirisasi juga akan meningkatkan nilai tambah di dalam negeri serta membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya.   

"Saya tidak akan pernah bosan-bosan membahas hilirisasi. Dengan hilirisasi kita akan keluar dari middle income trap. Dengan hilirisasi kita akan meningkatkan nilai tambah di dalam negeri. Dengan hilirisasi kita akan membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya," ujar Gibran saat memberikan closing statement dalam Debat Cawapres Pilpres 2024, di Jakarta Convention Center (JCC), Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat (Jakpus), Minggu (21/1/2024) malam.

Kendati demikian, ungkap dia, hilirisasi dalam pelaksanaan harus memikirkan aspek lingkungan, keberlanjutan dan sosialnya. "Dampak perubahan iklim ini semakin nyata. Banjir, kekeringan, kenaikan air laut. Ini adalah ancaman nyata, dan sudah di depan mata," sambungnya.

Menurutnya, semua masalah ini adalah tantangan zaman now, sehingga membutuhkan solusi zaman now.

"Tantangannya adalah bagaimana kita mencari titik tengah, titik keseimbangan. Jadi lanjutkan hilirisasi, tapi wajib menjaga lingkungan. Tingkatan produktivitas pertanian dan sektor maritim, tapi wajib menjaga keseimbangan alam. Sekali lagi tantangan zaman now membutuhkan solusi zaman now, tentunya anak-anak zaman now perlu lebih banyak banyak lagi dilibatkan," tukas Gibran.
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close