Gibran: Program Biodiesel Berhasil Tekan Impor Minyak Mentah Tiap Tahun

Nusantaratv.com - 21 Januari 2024

Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka. (Tangkapamn layar YouTube KPU RI)
Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka. (Tangkapamn layar YouTube KPU RI)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Program mandatori biodiesel B35, bauran Solar dengan 35 persen bahan bakar nabati (BBN) berbasis minyak sawit, telah berhasil menekan angka impor minyak mentah setiap tahunnya. 

Hal itu dikatakan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka saat Debat Cawapres Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Komplek Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat (Jakpus), pada Minggu (21/1/2024) malam.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, dirinya akan mendorong peningkatan bauran Solar dengan BBN itu ke depannya guna mengurangi ketergantungan bahan bakar minyak atau BBM berbasis fosil tersebut.

"Sudah terbukti adanya B35 dan B40 ini sudah mampu menurunkan nilai impor minyak kita," sebut Gibran.

Dia menambahkan, program mandatori itu juga turut mengerek nilai tambah produksi sawit domestik dalam beberapa tahun belakangan ini.

Kendati demikian, Gibran menyampaikan, pemerintah mesti memikirkan juga keseimbangan antara hilirisasi industri serta kelestarian lingkungan di masa mendatang.

"Mencari titik keseimbangan, titik tengah, kita pingin genjot hilirisasi industri, tapi kita juga wajib menjaga kelestarian lingkungan," tukas Gibran.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Setelah debat pertama pada 12 Desember 2023, debat kedua pada 22 Desember 2023, dan debat ketiga pada 7 Januari 2024, KPU menggelar debat keempat yang mempertemukan ketiga cawapres.

Tema debat keempat meliputi Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close