Gibran: Hilirisasi Harus Dilanjutkan, Tak Boleh Lagi Kirim Barang Mentah

Nusantaratv.com - 21 Januari 2024

Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka. (Tangkapamn layar YouTube KPU RI)
Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka. (Tangkapamn layar YouTube KPU RI)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka mengatakan Indonesia merupakan negara besar serta dilimpahi sumber daya alam yang kaya, seperti nikel dan timah.

"Indonesia ini negara besar. Kita harus bersyukur Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat kaya. Di antaranya kita punya cadangan nikel terbesar di dunia, timah terbesar nomor dua," ujar Gibran dalam Debat Cawapres Pilpres 2024, di Jakarta Convention Center (JCC), Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat (Jakpus), pada Minggu (21/1/2024) malam.

Untuk itu, Gibran menegaskan hilirisasi harus dilanjutkan dan diperluas cakupannya. Selain itu, cakupannya juga harus dikembangkan ke sektor lain, misalnya sektor maritim dan sektor digital.

"Program hilirisasi harus dilanjutkan dan diperluas cakupannya tidak hanya tampang saja tapi pertanian, sektor maritim, dan hilirisasi digital," lanjutnya.

Dia juga mengingkapkan, Indonesia tidak boleh lagi mengirim barang mentah. Gibran menyebutkan, Indonesia perlu juga mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil, sehingga perlu dilakukan transisi menuju energi hijau, seperti bioavtur, biodiesel, dan bioetanol.

"Intinya kita tidak boleh lagi mengirim barang mentah. Guna mengurangi ketergantungan pada energi fosil kita akan dorong transisi menuju energi hijau seperti bioavtur, biodiesel dan juga bioetanol, yang sudah dilakukan meliputi B35 dan B40," terangnya.


 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close