Gereja Diserbu Jihadis, 15 Orang di Burkina Faso Tewas

Nusantaratv.com - 26 Februari 2024

Tentara Burkina Faso. (ANTARA/REUTERS/Luc Gnago/aa)
Tentara Burkina Faso. (ANTARA/REUTERS/Luc Gnago/aa)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Penyerbuan terjadi di sebuah gereja Katolik di Burkina Faso utara. Pejabat senior gereja mengungkapkan, 15 orang tewas serta 2 orang lainnya terluka akibat serangan tersebut.

"Kami menyampaikan kepada Anda mengenai serangan teroris, komunitas Katolik menjadi korban di desa Essakane hari ini, 25 Februari, ketika mereka sedang berkumpul untuk ibadah Minggu," ujar Vikaris Keuskupan Dori, Jean-Pierre Sawadogo, Senin (26/2/2024).

"Korban sementara adalah 15 orang tewas dan dua orang luka-luka," imbuhnya.

Ia mengecam serangan itu. Sawadogo turut menyerukan perdamaian dan keamanan di Burkina Faso.

"Mereka yang terus menimbulkan kematian dan kehancuran di negara kita," kata dia. 

Diketahui, peristiwa ini merupakan yang teranyar dari serangkaian kekejaman yang dituduhkan dilakukan kelompok jihad yang aktif di wilayah tersebut, mengutip AFP. Beberapa di antaranya menargetkan gereja-gereja Kristen sementara yang lain melibatkan penculikan pendeta.

Burkina Faso merupakan bagian dari wilayah Sahel yang luas, yang sedang berperang melawan meningkatnya ekstremisme kekerasan sejak perang saudara di Libya pada tahun 2011. Yang diikuti oleh pengambilalihan Mali utara oleh kelompok Islam pada tahun 2012. 

Pemberontakan jihadis sendiri meluas ke Burkina Faso serta Niger, semenjak 2015.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close