Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Timur Laut Jepang, Tidak Berpotensi Tsunami

Nusantaratv.com - 19 Maret 2022

Gempa magnitudo 5,6 mengguncang timur laut Jepang. (Kyodo)
Gempa magnitudo 5,6 mengguncang timur laut Jepang. (Kyodo)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Gempa berkekutan magnitudo 5,6 mengguncang prefektur (setingkat provinsi) Iwate di timur laut Jepang pada Jumat (18/3/2022) malam waktu setempat.

Badan Meteorologi Jepang menyebut gempa yang terjadi tidak menimbulkan ancaman tsunami dan tidak ada laporan segera mengenai kerusakan bangunan yang parah.

Dikutip dari Kyodo, Sabtu (19/3/2022), gempa terjadi sekitar pukul 23:25 malam waktu setempat, mencatat 5 skala besar pada skala intensitas seismik Jepang 7 di Noda di prefektur, menurut Badan Meteorologi Jepang.

Badan tersebut mengatakan gempa terjadi di perairan lepas pantai utara prefektur pada kedalaman 18 kilometer di bawah permukaan laut. Magnitudo gempa direvisi naik dari perkiraan awal magnitudo 5,5. Di Prefektur Iwate, pemadaman listrik sementara melanda sekitar 2.200 rumah tangga setelah gempa.

Pada Rabu (16/3/2022), gempa bumi berkekuatan magnitudo 7.4 mengguncang timur laut Jepang pada waktu yang hampir bersamaan, menyebabkan sedikitnya tiga orang tewas dan lebih dari 180 orang terluka. Peristiwa itu menyebabkan pemadaman listrik yang meluas, gangguan transportasi dan penghentian pabrik.

Badan cuaca Jepang mengatakan Sabtu (19/3/2022) pagi waktu setempat di mana kedua gempa tersebut kemungkinan tidak terkait, tetapi rinciannya masih belum diketahui.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close