Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Karatung hingga Manado pada Minggu Pagi, BMKG Pastikan Tak Berpotensi Tsunami

Nusantaratv.com - 09 Juni 2024

Ilustrasi. Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Karatung hingga Manado pada Minggu Pagi. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi. Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Karatung hingga Manado pada Minggu Pagi. (Foto: Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa magnitudo 5,1 mengguncang Pulau Karatung, Talaud-Manado, Sulawesi Utara (Sulut), pada Minggu (9/6/2024) pagi sekitar pukul 08.04 WIB.

Dalam peringatan dini yang diekspose melalui sistem aplikasi infoBMKG di Jakarta, Minggu, seperti dikutip dari Antara, melaporkan pusat gempa tersebut terletak di laut pada ke dalaman 45 kilometer dengan koordinat 4.88 LU,126.24 BT atau berjarak 94 kilometer dari arah Barat Laut Pulau Karatung.

Selain Karatung dan sekitarnya getaran gempa juga diprakirakan hingga Melonguane, Tahuna Kepulauan Sangihe, dan Kota Manado yang berjarak 400 kilometer dari pusat gempa berdasarkan analisa sementara seismologis BMKG.

BMKG memastikan gempa itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Namun masyarakat diimbau waspada dan tetap tenang serta tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya sampai hasil analisa peristiwa menyeluruh dilaporkan oleh BMKG.

Hasil analisa tersebut biasa didapatkan masyarakat dengan cara mengakses aplikasi daring InfoBMKG, media sosial infoBMKG, atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.
 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])

x|close