Gempa 6,5 M di Tuban Dirasakan Sampai Banjarmasin Kalimantan Selatan

Nusantaratv.com - 22 Maret 2024

Ilustrasi alat pengukur kekuatan gempa bumi/ist
Ilustrasi alat pengukur kekuatan gempa bumi/ist

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Kepala Stasiun Geofisika BMKG Balikpapan, Rasmid menyatakan, bahwa gempa magnitudo 6,5  di Tuban tersebut juga terasa di sejumlah wilayah Kalimantan Selatan, termasuk Kota Banjarbaru, Kota Banjarmasin, dan Kabupaten Banjar, dengan intensitas III-IV MMI.

Getaran gempa ini dirasakan secara nyata di dalam rumah, menyebabkan benda berat bergoyang dan kerusakan ringan pada bangunan.

“Hasil pantauan terakhir pada pukul 16.52 Wita, gempa kembali terjadi di darat pada jarak 130 kilometer arah timur laut Tuban, Jawa Timur, pada kedalaman 10 kilometer,” ujarnya, Jumat 22 Maret 2024.

Selain itu, getaran gempa juga dirasakan di berbagai daerah di Pulau Jawa dan sekitarnya, termasuk Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Madura, dan sebagainya. 

Meskipun intensitas getarannya berbeda-beda, namun gempa ini membuat masyarakat waspada terhadap potensi gempa susulan yang mungkin terjadi di wilayah tersebut.

Pantauan BMKG juga mencatat bahwa gempa tersebut berlangsung lebih dari 10 detik di beberapa wilayah Kalimantan Selatan, dengan getaran gempa yang dirasakan nyata di dalam rumah dan menyebabkan benda berat goyang. 

Meskipun data masih sementara, BMKG terus memantau perkembangan situasi untuk memberikan informasi lebih lanjut kepada masyarakat.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close