Gelaran Pesona Budaya Diharapkan Melahirkan Desa Wisata Baru di NTB

Nusantaratv.com - 07 Oktober 2022

Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi Djalilah saat menerima Kepala Desa Banjar Sari Kecamatan Labuhan Haji Lombok Timur, Kamis Aula Pendopo Wakil Gubernur NTB,Kamis (6/10/2022). Foto (Istimewa)
Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi Djalilah saat menerima Kepala Desa Banjar Sari Kecamatan Labuhan Haji Lombok Timur, Kamis Aula Pendopo Wakil Gubernur NTB,Kamis (6/10/2022). Foto (Istimewa)

Penulis: Gabrin

Nusantaratv.com - Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi Djalilah menerima Kepala Desa Banjar Sari Kecamatan Labuhan Haji Lombok Timur, di Aula Pendopo Wakil Gubernur NTB, Kamis (6/10/2022).

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Desa Banjar Sari, Hasmiludin menyampaikan tentang kegiatan pesona budaya Ngayu-ayu yang telah dilaksanakan di desanya sejak Senin (3/10/2022) lalu.

Mendengar hal tersebut, Wagub NTB memberikan harapan sekaligus berharap kegiatan budaya seperti ini dapat menumbuhkan desa-desa wisata baru di NTB. 

"Harapan kita dengan desa wisata ekonomi berkembang kembali, potensi yang ada di sana dimasifkan dengan baik. Intinya harus kompak antara kepala desa kadus dan masyarakat", Wagub Sitti.

Selain kondisi desa, masyarakat dan lingkungan juga harus sehat, ramah, bersih, dan juga terdapat lahan untuk sampah. Itu semua merupakan bagian dari usaha untuk mewujudkan desa wisata 

Hasmiludin sebagai Kepala Desa Banjar Sari, Kecamatan Labuhan Haji, Kabupaten Lombok Timur ini menjelaskan bahwa kegiatan pesona budaya dalam bentuk Ngayu-ayu adalah sebagai rasa syukur atas apa yang didapatkan.

Ngayu Ayu ini diawali dengan ritual adat yang diikuti oleh pagelaran wayang kulit, gendang belek, gamelan, dan ritual khusus dalam rangka meminta hujan sebagaimana kebiasaan leluhur dulu.

Acara inipun sudah berlangsung sejak Senin kemarin, dan akan diselenggarakan selama 5 hari.

"Nanti sekaligus beliau akan didaulat mengunjungi posyandu keluarga, posyandu kamipun saat ini sudah bebas stunting", jelas Kades.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh para kepala desa di kecamatan setempat dan kecamatan tetangganya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])