Gedung Putih: AS Setop Pasokan Senjata ke Ukraina

Nusantaratv.com - 12 Januari 2024

Ilustrasi. Bendera Amerika Serikat. (Istimewa)
Ilustrasi. Bendera Amerika Serikat. (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Koordinator Komunikasi Strategis Dewan Keamanan Nasional, John Kirby mengatakan, Amerika Serikat (AS) telah menghentikan pengiriman senjata dan peralatan militernya ke Ukraina karena kurangnya dana anggaran untuk program tersebut.

"Kami telah mengeluarkan paket penarikan terakhir yang kami punya dana untuk mendukungnya," kata Kirby, seperti dilansir dari kantor berita Rusia, TASS, Jumat (12/1/2024).

Hal itu disampaikannya saat menjawab pertanyaan tentang bantuan militer Washington kepada pemerintah Kiev. "Itulah mengapa sangat penting bagi Kongres untuk menindaklanjuti permintaan tambahan keamanan nasional dan kita mendapatkan lebih banyak dana," lanjutnya.

"Bantuan yang kami berikan kini terhenti," tambah Kirby.

Dia memperkirakan, kebutuhan (akan lebih banyak senjata AS di Ukraina) sangat mendesak saat ini, terutama pada musim dingin ini.

Hampir empat bulan yang lalu, pemerintahan Washington mengirimkan permintaan kepada Kongres untuk alokasi tambahan untuk tahun fiskal 2024, yang dimulai di AS pada 1 Oktober, terutama untuk memberikan bantuan kepada Israel dan Ukraina, serta untuk melawan China dan Rusia di negara-negara tersebut. 

Di kawasan Asia Pasifik, secara total, pemerintahan Joe Biden mencari sekitar US$106 miliar untuk tujuan ini. Nasib permintaan dan rancangan undang-undang alternatif masih belum jelas. 

Sejumlah anggota Partai Republik di Dewan Perwakilan Rakyat dan Senat baru-baru ini menentang dukungan finansial yang berkelanjutan untuk Kiev.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close