Gedung 10 Lantai di Iran Ambruk, 34 Orang Tewas

Nusantaratv.com - 31 Mei 2022

Gedung ambruk Iran. (Net)
Gedung ambruk Iran. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Bangunan menara 10 lantai ambruk di wilayah Iran bagian barat daya. Sejauh ini 34 orang tewas. Hingga kini, para petugas darurat juga terus menyisir puing-puing bangunan.

Sebagian besar gedung Metropol yang memiliki 10 lantai dan tengah dalam pembangunan di jalanan ramai kota Abadan ini, ambruk pada 23 Mei lalu. Insiden gedung ambruk ini tercatat sebagai salah satu bencana paling mematikan di Iran dalam beberapa tahun terakhir.

"Jumlah total kematian mencapai 34 orang, dengan temuan satu mayat lainnya pagi ini," demikian seperti dilaporkan kantor berita IRNA, mengutip pernyataan gubernur setempat, Ehsan Abbaspour.

Hingga kini, masih ada empat orang yang belum ditemukan dalam insiden tersebut. Otoritas setempat sebelumnya menyebut sedikitnya 38 orang hilang dalam reruntuhan bangunan.

Dalam sepekan terakhir, unjuk rasa pada malam hari digelar di Abadan dan beberapa kota lainnya di Provinsi Khuzestan untuk menuntut agar pihak-pihak yang bertanggung jawab untuk diadili dan dihukum.

Para demonstran dalam aksinya, menurut laporan kantor berita Fars, juga menuntut agar 'para pejabat yang tidak berkompeten harus dieksekusi'.

Pada sebuah acara peringatan di Abadan pada Minggu (29/5/2022) waktu setempat, ratusan orang yang melontarkan cemoohan berhasil menenggelamkan pidato seorang anggota Majelis Ahli -- lembaga yang memilih pemimpin tertinggi Iran.

Sejumlah orang lainnya memenuhi platform yang digunakan oleh televisi pemerintah, hingga menjatuhkan kamera ke tanah.

Menurut otoritas peradilan setempat, mengutip AFP sekitar 13 orang telah ditangkap terkait insiden gedung ambruk tersebut, termasuk sang Wali Kota serta dua mantan Wali Kota.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close