Gara-gara Macet Parah, Kapal di Merak Ditambah

Nusantaratv.com - 27 April 2022

Pelabuhan Merak.
Pelabuhan Merak.

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Kementerian Perhubungan berupaya menambah kapal menjadi 34 unit per hari dan menambah perjalanan guna mengurangi beban antrean di Pelabuhan Merak.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi menjelaskan, langkah tersebut diambil sebagai buntut penumpukan kendaraan di pelabuhan penyeberangan Merak pada Senin (25/4/2022) hingga Selasa (26/4/2022) dini hari kemarin.

Budi menuturkan, pihaknya dan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) terus berkoordinasi guna mencegah kejadian serupa terulang kembali.

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanannya bagi seluruh pengguna jasa penyeberangan di Pelabuhan Penyeberangan Merak yang perjalanannya tertunda cukup lama pada Senin (25/4/2022) malam maupun Selasa (26/4/2022) dini hari. Kami terus berusaha untuk memperbaiki layanan sehingga para pemudik yang akan melintas dari Merak ke Bakauheni maupun sebaliknya dapat menyeberang dengan nyaman dan selamat," ujar Budi, Rabu (27/4/2022).

Dirinya memaparkan, antrean kendaraan di dermaga pada awal pekan kemarin salah satunya karena kantong parkir di dalam pelabuhan sudah penuh. Sebab itu, pihaknya mengimbau masyarakat agar dapat menyeberang di siang hari sehingga tidak menumpuk dan dapat mengantisipasi kemacetan pada malam hari.

Pemudik mengeluhkan antrean di Pelabuhan Merak. Keluhan salah satunya mereka sampaikan lewat Twitter.

"@asdp191 sudah stuck menuju pelabuhan Merak lebih dari 2 jam, padahal perkiraan maps tadinya cuma setengah jam lagi sampai pelabuhan, mau reschedule tiket jam 9 sudah ga bisa, mohon solusi bijak tiket yang jadi expired gara-gara enggak jalan lebih dari 2 jam !," tulis @yasmin_shahab dalam Twitter-nya.

Merespons cuitan itu, Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin mengatakan untuk kondisi khusus seperti keluhan yang dialami pemudik di Twitter, ASDP akan memberikan fasilitas ubah jadwal untuk keberangkatan berikutnya. Apabila pengguna jasa meminta refund, juga akan dibantu. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close