Gara-gara Ini Cuaca di Indonesia Bakal Makin Panas

Nusantaratv.com - 05 Juni 2023

Ilustrasi. (Net)
Ilustrasi. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - El Nino atau fenomena kemarau ekstrem diprediksi menyambangi Indonesia dalam waktu dekat. Akibat dari itu meningkatnya suhu saat musim kemarau dibandingkan biasanya.

Peneliti Klimatologi Pusat Iklim dan Atmosfer BRIN Erma Yulihastin menjelaskan, saat puncak El Nino terjadi, anomali suhu permukaan air laut akan lebih panas 2 derajat Celcius berdasarkan proyeksi suhu muka laut pada 2024-2025 nanti. Indikasi naiknya suhu permukaan laut pun sudah mulai terjadi sejak saat ini.

"Indikasi anomali kenaikan suhu permukaan air laut memang sudah terdeteksi. Namun, belum dapat dinyatakan sebagai fenomena El Nino bila suhunya tidak konsisten," ujarnya, Senin (5/6/2023).

"Mulai terlihat ada indikasi El Nino terbentuk di bulan Juni. Para peneliti terus melakukan pengamatan, dan sejak 17 Mei 2023, secara konsisten ada anomali suhu 0,55 derajat Celcius. Artinya, sudah di atas 0,5 derajat Celcius," imbuhnya.

Walau demikian, untuk bisa dinyatakan sebagai El Nino, kata Erma, harus dilihat konsistensi anomali suhu tadi. "Artinya, kalau mulai terbentuk di bulan Juni, nanti Agustus baru bisa kita sebut El Nino atau tidak," tuturnya.

Karenanya, kata Erma prediksi munculnya El Nino bisa selalu berubah. Dalam periode terakhir, mulanya Indonesia diprediksi bakal dilanda El Nino pada April, lalu berubah menjadi Mei, dan kini baru terlihat ada indikasi menuju El Nino pada Juni.

"Prediksi El Nino itu di-update setiap bulan sekali, harus dilihat konsistensi anomali suhunya. Kalau tidak, hanya marine heatwave (gelombang panas laut)," kata Erma.

Berdasarkan pengamatannya, anomali suhu mulai terjadi sejak 17 Mei, sudah di atas 0,5. "Dan, kemungkinan Juni akan terbentuk El Nino, fase lemah. Fase El Nino akan terus menguat," jelasnya.

Kondisi El Nino menurutnya berpotensi akan terus berlanjut dan tahun ini puncaknya diprediksi terjadi pada bulan November. "Hampir 90% potensinya fase El Nino akan terus berlanjut dan semakin kuat intensitasnya," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close