Gara-gara Akui Separatis Pro-Rusia, Ukraina Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Korea Utara

Nusantaratv.com - 14 Juli 2022

Sejumlah bangunan tempat tinggal warga Ukraina hancur dibombardir pasukan Rusia/ist
Sejumlah bangunan tempat tinggal warga Ukraina hancur dibombardir pasukan Rusia/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com - Pemerintah Ukraina merespon tegas sikap Korea Utara yang mengakui kedaulatan Republik Rakyat Donetsk dan Republik Rakyat Lugansk dengan memutuskan hubungan diplomatik dengan negara yang dipimpin Kim Jong Un itu.

Kementerian Luar Negeri Ukraina mengecam sikap Korea Utara tersebut.

"Sebagai tanggapan, Ukraina mengumumkan pemutusan hubungan diplomatik dengan Korea Utara," mengutip pernyataan Kemenlu Ukraina, Kamis (14/7/2022).

Selain Korea Utara, Suriah sudah terlebih dahulu mengakui kedaulatan Republik Rakyat Donetsk dan Republik Rakyat Lugansk yang berada di wilayah timur Ukraina.

Baca juga: Vladimir Putin: Operasi Rusia di Ukraina Belum Bersungguh-sungguh

Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba mengatakan bahwa Rusia sebenarnya sudah tidak punya sekutu. Akan tetapi, kata Kuleba, Rusia meminta Korea Utara untuk mengakui Republik Rakyat Donetsk dan Republik Rakyat Lugansk.

"Rusia sudah tidak punya lagi sekutu, kecuali negara yang bergantung kepadanya secara finansial dan politik," kata Kuleba, mengutip CNNIndonesiacom.

Untuk diketahui, Donetsk dan Lugansk merupakan wilayah di bagian timur Ukraina. Di dua wilayah tersebut terdapat kelompok pro Rusia yang sudah sejak lama ingin menjadi bagian dari Rusia.


 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])