Gantikan Risma, Jokowi Lantik Gus Ipul Sebagai Menteri Sosial

Nusantaratv.com - 11 September 2024

Presiden Joko Widodo saat melantik Saifullah Yusuf sebagai Menteri Sosial (Mensos) dan Irjen Pol. Eddy Hartono sebagai Kepala BNPT di Istana Negara Jakarta, Rabu (11/9/2024). (Foto: ANTARA/Andi Firdaus)
Presiden Joko Widodo saat melantik Saifullah Yusuf sebagai Menteri Sosial (Mensos) dan Irjen Pol. Eddy Hartono sebagai Kepala BNPT di Istana Negara Jakarta, Rabu (11/9/2024). (Foto: ANTARA/Andi Firdaus)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Saifullah Yusuf (Gus Ipul) sebagai Menteri Sosial (Mensos) definitif menggantikan Tri Rismaharani yang kini maju di kontestasi Pilkada 2024.

Pelantikan Syaifullah Yusuf digelar di Istana Negara Jakarta sekitar pukul 09.00 WIB, sesuai dengan Surat Keputusan Presiden Nomor 102B 2024 tentang Pengangkatan Menteri Sosial Kabinet Indonesia Maju 2019-2024.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada UUD negara RI 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Syaifullah Yusuf saat mengucap sumpah yang dipandu Presiden Jokowi.

Selain itu, Syaifullah Yusuf juga berjanji akan menjalankan tugas jabatan dan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaiknya dengan penuh rasa tanggung jawab.

Syaifullah Yusuf merupakan seorang politisi yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Pasuruan. Da juga menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

Pria kelahiran Pasuruan, Jawa Timur, 28 Agustus 1964 ini pernah menjabat sebagai Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) di periode pertama pemerintahan Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Syaifullah Yusuf juga pernah menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) periode 2009-2019. Dia merupakan keponakan dari Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Syaifullah Yusuf pernah menjadi anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan pada 1999, sebelum akhirnya memutuskan bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada 2001.

Selain Mensos, ada dua pejabat lain yang juga dilantik Presiden Jokowi hari ini, mereka Irjen Pol. Eddy Hartono sebagai Kepala BNPT dan Aida Suwandi Budiman sebagai anggota Dewan Komisioner LPS.

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close