Flight Data Recorder Super Tucano Telah Ditemukan

Nusantaratv.com - 17 November 2023

Pesawat TNI AU jatuh di Pasuruan. (Antara)
Pesawat TNI AU jatuh di Pasuruan. (Antara)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - TNI AU sudah menemukan flight data recorder dua pesawat tempur jenis Super Tucano dengan nomor ekor TT-3111 dan TT-3103 yang jatuh di sekitar Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Kabupaten Pasuruan. Flight data recorder itu kini telah berada di Lanud Abdulrachman Saleh Malang.

"Perlu kami sampaikan flight data recorder sudah ada di Lanud Abdulrachman Saleh, mudah-mudahan sudah kita baca untuk memberi penjelasan lebih lanjut apa yang terjadi kepada penerbangan ini," kata Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau) Marsekal Pertama TNI R. Agung Sasongkojati, dalam konferensi pers di Halim, Jumat (17/11/2023).

Ia pun menyebut Tim Puslaiklambangja dan Tim Skadron Teknik telah berada di lokasi dua pesawat yang mengalami kecelakaan tersebut. Tak hanya itu, tim tersebut juga telah mendapatkan beberapa data yang nantinya akan diinvestigasi.

"Tim dari Pusat Kelaikudaraan dan Keselamatan Terbang dan Kerja (Puslaiklambangja) bersama dengan tim dari skatek atau Skadron Teknik di Lanud Abdulrachman Saleh telah berhasil mencapai kedua pesawat yang mengalami kecelakaan dan mereka telah mendapatkan beberapa data. Berhasil merekam informasi dan mencatat apa yang terjadi di sana," jelas dia.

Agung pun mengatakan nantinya akan mengevakuasi bangkai pesawat tersebut. Namun Agung memastikan saat ini pihaknya fokus pada mengamankan informasi kecelakaan.

"Untuk selanjutnya bangkai pesawat direncanakan akan dibawa, tapi itu nanti belakangan. Sementara yang penting adalah mengamankan informasi mengenai kecelakaan," tandas Agung.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close