FISIP UMA Sukses Gelar Pelatihan Jurnalistik

Nusantaratv.com - 25 Mei 2023

Dekan FISIP UMA Dr. Effiati Juliana Hasibuan berfoto bersama para pemateri dan seluruh peserta Pelatihan dan Pembekalan Jurnalistik yang digelar Ilmu Komunikasi FISIP UMA/ist
Dekan FISIP UMA Dr. Effiati Juliana Hasibuan berfoto bersama para pemateri dan seluruh peserta Pelatihan dan Pembekalan Jurnalistik yang digelar Ilmu Komunikasi FISIP UMA/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Medan Area (UMA), Sumatera Utara  sukses menggelar Pelatihan dan Pembekalan Jurnalistik kepada mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UMA, pada Rabu (24/5/2023).

Kegiatan yang digelar di Lantai 3 Gedung Rektorat UMA ini menghadirkan para pemateri dari Pengurus Wilayah Ikatan Wartawan Online Sumatera (PW IWO Sumut).

Dekan FISIP UMA Dr. Effiati Juliana Hasibuan mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menambah bobot perkuliahan dan praktikum yang selama ini dilaksanakan, seperti dasar-dasar jurnalistik, praktikum fotografi, serta komunikasi digital dan new media.

"Pemateri dalam kegiatan ini terdiri Teknik Dasar Jurnalistik yang dibawakan oleh Wartawan Senior Amri Abdi, Optimalisasi Pemanfaatan Media Sosial yang dibawakan oleh Founder Medan Talk Ade Ardianta Harahap, dan Teknik Fotografi yang dibawakan oleh Anggota Pewarta Foto Indonesia Medan Kadri Boy Tarigan, yang seluruhnya merupakan lulusan Magister Ilmu Komunikasi," ujar Effiati Juliana Hasibuan.

Di kesempatan yang sama, Ketua PW IWO Sumut Yudhistira Adi Nugraha menambahkan, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengasah kesadaran, pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam menulis berita. 

Yudhistira Adi Nugraha menjelaskan, jenis berita terbagi menjadi tiga macam, yakni: straight news (berita langsung), indepth reporting (berita mendalam), dan investigatif news (berita investigasi).

"Adapun proses peliputan berita meliputi 5 W + 1 H Rudyard Kipling dan berstruktur piramida yang terdiri dari unsur apa, dimana, kapan, siapa serta bagaimana dan kenapa suatu peristiwa terjadi," papar Abdi yang juga Sekretaris PW IWO Sumut.

Pelatihan yang digelar mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB ini merupakan hasil kerja sama antara FISIP UMA, PW IWO Sumut dan CSR PLN Peduli. Kegiatan disambut antusias oleh para mahasiswa. Mereka aktif bertanya dan bersemangat dalam proses pembuatan berita.

Turut hadir Wakil Dekan Bidang Pendidikan Dr. Nadra Ideyani Vita, M.Si; Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Dr. Dedi Sahputra, M.A; Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Agnita Yolanda, B.Comm, M.Sc; Ketua Program Studi Administrasi Publik Khairunnisah Lubis, S.Sos, M.I.Pol; dan Ketua Program Studi Ilmu Pemerintahan Dr. Novita Wulandari, S.ST, M.Si.

 

 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])