Finalis Miss Universe Indonesia Ngaku Tak Diberi Tahu Ada Body Checking

Nusantaratv.com - 07 Agustus 2023

Ajang Miss Universe Indonesia 2023. (Net)
Ajang Miss Universe Indonesia 2023. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Salah satu finalis melaporkan yayasan penyelenggara kontes kecantikan Miss Universe Indonesia 2023 ke Polda Metro Jaya soal dugaan pelecehan. Pelapor merasa dirugikan lantaran tahapan body checking dan difoto dalam keadaan tanpa busana, tidak pernah diberitahukan sebelumnya.

"Jadi body checking ini tidak pernah ada di rundown acara, tiba-tiba mereka dihadapkan seolah-olah ditodong harus melakukan body checking dengan cukup membuat klien kami ini terpukul merasa martabatnya dihinakan," kata kuasa hukum korban, Mellisa Anggraini, kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (7/8/2023).

Ia menyayangkan ajang kompetisi yang seharusnya meninggikan martabat perempuan justru menjadikan korban sebagai objek pelecehan.

"Ajang kompetisi yang seharusnya meninggikan value perempuan ya terutama, tetapi justru diperlakukan seperti objek sehingga hari ini alhamdulillah sudah diterima laporan kami di SPKT tadi terkait dengan adanya dugaan tindak pidana tindak kekerasan seksual," kata Mellisa.

"Kami menduga perbuatan yang mereka lakukan sudah merendahkan harkat dan martabat seorang perempuan," sambungnya.

Hal lainnya yang jadi keberatan korban adalah adanya pria di ruangan tempat body checking tersebut.

"Ditambah lagi dalam pada saat dilakukannya body checking, tidak hanya sesama jenis yang ada di sana, tetapi ada pihak lawan jenis, dan ini kan sangat menyakitkan hati, baik oleh keluarga N, orang terdekat, sponsor, dan lain-lain itu kan sungguh sangat mengecewakan," jelas dia.

Laporan itu telah  teregister dengan nomor LP/B/4598/VII/2023 SPKT POLDA METRO JAYA. Terlapor dalam hal PT Capella Swastika Karya. Korban melaporkan atas Pasal 4, 5 dan Pasal 6 Undang-undang TPKS. Mereka juga menyertakan Pasal 14 dan Pasal 15 Undang-undang TPKS. Mellisa mengatakan pelecehan seksual terjadi pada 1 Agustus yang lalu.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

x|close