Filipina Utara Diguncang Gempa Berkekuatan 6,4 Magnitudo

Nusantaratv.com - 26 Oktober 2022

Ilustrasi gempa
Ilustrasi gempa

Penulis: Arfa Gandhi

Nusantaratv.com - Filipina diguncang gempa berkekuatan 6,4 magnitudo pada, Selasa (26/10/2022) malam. Akan tetapi otoritas setempat memastikan gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Survei Geologi AS mengatakan gempa berkekuatan 6,4 itu berpusat 16,2 kilometer (10 mil) di bawah permukaan sekitar 11 kilometer (7 mil) dari Dolores di pulau Luzon. Beruntung tidak ada kerusakan besar.

Kepulauan Filipina terletak di "Cincin Api Pasifik", sebuah wilayah di sepanjang sebagian besar tepi Samudra Pasifik di mana banyak letusan gunung berapi dan gempa bumi terjadi.

Sebagai informasi, Filipina memang menjadi negara Asia Tenggara yang paling rawan bencana di dunia. Pada bulan Juli, gempa berkekuatan 7 skala Richter memicu tanah longsor dan merusak bangunan di Filipina utara hingga menewaskan sedikitnya lima orang dan puluhan orang mengalami luka-luka.

Sementara itu, sebuah gempa berkekuatan 7,7 juga pernah terjadi menewaskan hampir 2.000 orang di Filipina utara pada tahun 1990.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])